Lifestyle


Rate this item
(0 votes)

Sering Olahraga di Gym? Waspadai 5 Dampak Negatif Ini

By Published February 28, 2018

Olahraga memang penting bagi kesehatan tubuh kita. Selain itu, olahraga bisa membantu kita untuk mendapatkan bentuk tubuh ideal. Olahraga juga membuat tubuh tetap aktif dan berfungsi dengan baik. Sebagai alternatif olahraga, banyak orang yang memilih untuk pergi ke gym. Namun, apakah ini cara yang baik untuk mendapatkan kebugaran tubuh? Ya, cara ini memang baik untuk menjaga kebugaran tubuh kita. Namun, kita juga harus mendapatkan bantuan orang yang ahli untuk mendapatkan latihan yang tepat.

Selain itu, ada juga sejumlah efek samping jika kita terlalu sering olahraga di pusat kebugaran.

1. Gatal

Olahraga yang berlebihan di gym membuat jantung bekerja lebih cepat. Hal ini menyebabkan perluasan arteri dan kapiler. Saraf menginformasikan otak tentang hal yang sama, yang pada gilirannya menyebabkan masalah gatal.

2. Sakit di salah satu bagian tubuh

Banyak orang yang melakukan olahraga tanpa pemanasan terlebih dahulu. Akibatnya, organ internal kita mulai memompa banyak darah. Inilah yang menyebabkan rasa sakit di satu sisi tubuh. Jadi, penting untuk menjalani rutinitas pemanasan yang tepat untuk menghindari rasa sakit. Jika kita merasakan sakit di salah satu bagian tubuh karena olahraga, pijatlah daerah tersebut.

3. Tubuh mengalami dehidrasi

Olahraga yang berlebihan di gym bisa menyebabkan masalah dehidrasi dan kerusakan otot. Jadi untuk menyingkirkan masalah ini pastikan kalian mengonsumsi air yang cukup.

4. Otot tegang

Jika kalian berolahraga dalam jangka waktu lama, otot akan menahan ketegangan. Terlalu sering olahraga di gym justru menyebabkan kurangnya fluiditas pada tubuh dan menyebabkan ketegangan. Untuk menghindari masalah ini pastikan kita mengonsumsi cukup air.

5. Cedera

Saat terlalu sering berolahraga di gym, ini bisa berpotensi menyebakan cedera. Jadi sebaiknya, carilah bantuan ahli untuk menyiapkan rutinitas latihan yang sesuai untuk menghindari cedera. (kompas.com)

Read 334 times

About

  • Delta FM adalah sebuah stasiun radio yang merupakan bagian dari Group Masima Radio Network (MRN) perusahaan pengelola radio dari berbagai segmen pendengar beberapa diantaranya Radio Prambors dan Radio Bahana

Station

Jakarta 99.1 FM
Bandung 94.4 FM
Surabaya 100.5 FM
Makassar 99.2 FM
Manado 99.3 FM
Medan 105.8 FM
Semarang 96.1 FM
Yogyakarta 103.7 FM