Lifestyle


Rate this item
(0 votes)

10 Makanan yang Bisa Buat Anda Lebih Bahagia

By Published March 20, 2018

Hari Bahagia Sedunia yang jatuh setiap 20 Maret setiap tahunnya menjadi pengingat bahwa manusia tak boleh lupa untuk bahagia.

Mengalami kesedihan itu wajar, tapi setelahnya jangan lupa bahagia. Hanya saja, jika pagi hari sudah dimulai dengan hal sedih, mungkin makan bisa membantu meningkatkan kebahagiaan seseorang dan mengembalikan mood jadi lebih baik.

Mengutip Delish, berikut beberapa makanan yang bisa membuat Anda jadi lebih bahagia.

1. Pisang
Pisang adalah buah yang kaya dengan potasium. Tak cuma itu, menurut penelitian Ara De Marderosian, University of the Sciences, pisang juga mengandung tryptophan, senyawa kimia di otak yang membantu memperbaiki mood.

Kandungan vitamin B, folat, akan membantu menurunkan senyawa yang berperan untuk menyebabkan depresi.

2. Beri
Menurut penelitian yang dilakukan Torrey Pines Institute for Molecular Studies, saeka buah beri mengandung senyawa kimia yang mirip dengan asam valproic, yang biasanya diresepkan sebagai obat penstabil mood.

Kandungan flavonoid anthocyanidin yang ditemukan dalam buah beri juga akan membantu menurunkan senyawa yang berasosiasi dengan depresi.

3. Tiram
Berdasar studi daam Nutrition and Metabolic Insights, kekurangan seng dalam tubuh sering dihubungkan dengan kecemasan. Untuk menjaga agar tubuh jadi tetap tenang, tiram yang mengandung senyawa seng sangat baik untuk dikonsumsi.

4. Cokelat hitam
Makanan yang satu ini sudah lama dikenal sebagai makanan pembangkit mood. Cokelat hitam mengandung antioksidan yang juga bisa menurunkan hormon stres, kortisol.

5. Salmon
Berdasarkan penelitian dalam jurnal Pharmacological Research, salmon mengandung asam lemak omega 3 yang bisa meningkatkan mood dan memerangi depresi.

6. Kunyit
Rempah kuning ini dikenal sebagai rempah yang bisa membuat aneka makanan berwarna kuning dan lebih aromatik. Berdasarkan ahli botani Chris Kilham, kunyit mengandung kurkumin yang bisa meningkatkan mood dan memerangi depresi.

7. Jamur
Kekurangan asupan vitam D akan menyebabkan depresi dan penurunan mood. Hal ini dibuktikan melalui penelitian dari University of Melbourne. Jamur adalah salah satu sumber vitamin D yang tinggi sehingga diklaim bisa meningkatkan mood.

8. Bayam
Makan bayam diklaim bisa membuat orang jadi lebih bahagia. Sayur kesukaan Popeye ini mengandung folic acid yang membuat risiko depresi menurun dan meningkatkan stamina.

9. Apel
Satu butir apel sehari tak cuma akan menjauhkan Anda dari dokter. Menurut British Journal o Health Psychology, makan buah dan sayur, termasuk apel akan memberikan efek menenangkan, meningkatkan energi dan kebahagiaan.

10. Kopi
Berdasarkan JAMA Internal Medicine, konsumsi kopi dihubungkan dengan tingkat depresi yang lebih rendah

(cnnindonesia.com)

Read 408 times

About

  • Delta FM adalah sebuah stasiun radio yang merupakan bagian dari Group Masima Radio Network (MRN) perusahaan pengelola radio dari berbagai segmen pendengar beberapa diantaranya Radio Prambors dan Radio Bahana

Station

Jakarta 99.1 FM
Bandung 94.4 FM
Surabaya 100.5 FM
Makassar 99.2 FM
Manado 99.3 FM
Medan 105.8 FM
Semarang 96.1 FM
Yogyakarta 103.7 FM