Lifestyle


Rate this item
(0 votes)

Merah Putih, Seragam Defile Resmi Indonesia di Asian Games

By Published July 27, 2018

Kontingen Indonesia bakal mengenakan uniform defile atau seragam dengan konsep merah putih di ajang Asian Games 2018.

Seragam defile ini akan dipakai saat parade pengenalan kontingen dari seluruh negara peserta Asian Games pada upacara pembukaan, 18 Agustus 2018 mendatang.

Seragam defile yang dirancang oleh The Executive ini terdiri dari setelan berupa blazer berwarna merah, celana panjang berwarna putih, kaus putih, sapu tangan, scarf atau hijab bagi atlet yang berkerudung.


Warna merah dan putih dipilih untuk menggambarkan identitas bendera Indonesia. Merah melambangkan keberanian, sedangkan putih berarti kesucian.

"Secara filosofis merah sebagai simbol raga manusia dan putih simbol jiwa manusia. Kedua warna ini saling melengkapi menyempurnakan jiwa dan raga manusia membangun Indonesia, begitupun para atlet yang berjuang di Asian Games," kata General Manager Brand The Executive Rita Zulkaidarati saat meluncurkan seragam defile Tim Indonesia, Jakarta, Kamis (26/7).

Label lokal The Executive dipilih sebagai official partner Tim Indonesia setelah melalui serangkaian seleksi.

Untuk atlet perempuan, blazer tangan panjang didesain dengan double breast yang memiliki enam kancing. Sementara, kaus putih lengan pendek dibuat dengan model v-neck dan celana panjang putih dengan gaya slim fit serta angel pocket.

Celana panjang itu juga diberi ornamen berupa garis merah putih di kedua sisinya. Gaya ini sekaligus menggambarkan kesan kekinian yang sporty.

Setelan itu dilengkapi dengan scarf atau hijab berwarna merah tua berukuran 115 cm x 115 cm dengan bahan 100 persen katun. Scarf atau hijab ini memiliki motif batik cap Pekalongan yang terdiri dari motif niktik dan tiga jenis motif parang yang menyerupai huruf S.

"Parang ini seperti huruf S simbol riak ombak yang pernah berhenti bergelombang. Motif ini disimpulkan sebagai semangat yang tak pernah padam, semangat untuk pantang menyerah," tutur Rita.

Sedangkan bagi atlet laki-laki, blazer lengan panjang dibuat bergaya slim fit yang dipadukan dengan kaus kerah bulat. Celana panjang putih juga dibuat dengan gaya slim fit.

Busana ini dilengkapi dengan sapu tangan bermotif batik yang diletakkan dibagian saku jas.

"Gaya yang diambil ini diadopsi dari potongan slim fit dengan garis siluet tegas dan memberikan kesan androgini serta ada unsur budaya," ucap Rita.

Para atlet Tim Indonesia bakal memakai seragam ini saat parade kontingen di upacara pembukaan Asian Games 2018. Parade ini menjadi sorotan Asia lantaran setiap negara peserta Asian Games diperkenalkan pada acara defile ini.

Pebasket Arki Wisnu mengaku senang dengan desain seragam defile ini.

"Sebagai pemain basket dengan postur kami yang tinggi-tinggi ternyata ini bisa pas. Ini fashionable, saya pakai seperti sedang shooting video klip. Modern dan nyaman," kata Arki.

Pendapat yang sama juga diutarakan atlet angkat beban Eko Yuli Irawan.

"Yang pasti senang bisa memakai ini, langsung kaya gagah gitu jadinya. Beda dengan sebelum-sebelumnya, ini bisa ngepas di badan, lembut dan nyaman," tutur peraih medali perak Olimpiade Rio 2016 ini.

Beberapa negara yang terkenal dengan seragam defile yang menarik diantaranya Korea Selatan, Jepang, dan China. (CNN Indonesia)

Read 198 times

About

  • Delta FM adalah sebuah stasiun radio yang merupakan bagian dari Group Masima Radio Network (MRN) perusahaan pengelola radio dari berbagai segmen pendengar beberapa diantaranya Radio Prambors dan Radio Bahana

Station

Jakarta 99.1 FM
Bandung 94.4 FM
Surabaya 100.5 FM
Makassar 99.2 FM
Manado 99.3 FM
Medan 105.8 FM
Semarang 96.1 FM
Yogyakarta 103.7 FM