Lifestyle


Rate this item
(0 votes)

Ingin menikmati Kopi Tanpa Masalah Perut? Simak Tips Berikut...

By Published July 31, 2018

Kopi telah menjadi minuman primadona bagi sebagian besar orang. Tapi, tak semua orang bisa menikmati kopi dengan nyaman. Beberapa orang terkadang memiliki masalah dengan kesehatan perutnya ketika menyeruput minuman berkafein ini. Lalu, bagaimana cara mengatasinya? Kunci utama untuk menikmati kopi tanpa khawatir bermasalah dengan kesehatan perut adalah menemukan waktu ideal untuk menikmatinya. Menurut pakar, waktu terbaik untuk menikmati kopi adalah saat pagi hari. Yah, minum kopi sembari menikmati sarapan adalah pilihan terbaik untuk kesehatan perut.

Dilansir dari Elite Daily, Grace Derocha, ahli diet bersertifikat, mengatakan, waktu terbaik untuk menikmati kopi sangat tergantung pada bagaimana kondisi perut bereaksi terhadap keasaman minuman. Jika kita memiliki luka pada lambung, masalah gastrointestinal, atau bahkan hanya masalah perut sensitif, kata Derocha, mengonsumsi kafein setelah sarapan adalah pilihan terbaik. "Kopi, meski tanpa kafein, mampu memproduksi asam, yang jika dikonsumsi saat perut kosong, dapat merusak lapisan lambung," kata apoteker bernama Nitin Makadia. "Mengonsumsi makanan kaya kalsium seperti yogurt atau susu saat sarapan akan membantu," kata Derocha. Menurutnya, kalsium membantu mengurangi keasaman dan menetralisir asam lambung. Fungsi ini mirip dengan antasid yang biasanya mengandung kalsium sebagai bahan utama. Derocha juga berpendapat, konsumsi kopi dan sarapan di waktu yang sama tidak akan mengurangi manfaat kopi itu sendiri.

Kita tetap bisa merasakan energi tambahan dari kafein. Bahkan, manfaat kopi akan berfungsi maksimal ketika perut kita sudah terisi makanan. Makanan yang kita konsumsi dapat menyeimbangkan keasaman. Tapi, kata Derocha, kita mungkin akan merasa sedikit gemetaran karena efek dari kafein tersebut.

Konsumsi kafein dalam keadaan dingin, misalnya dengan menambahkan es batu, pada pagi hari juga bisa mengurangi efek kopi untuk perut kita. Es batu dapat dapat menurunkan tingkat keasaman. Jadi, cara ini bisa menjadi alternatif bagi mereka yang bermasalah dengan perut namun ingin menikmati kopi. "Kopi dingin adalah pilihan yang bagus untuk orang yang sensitif terhadap asam karena 70 persen mengandung lebih sedikit asam daripada secangkir kopi panas," kata Derocha. Selain itu, untuk mengurangi tingkat keasaman, kita juga bisa memilih kopi arabika yang mengandung sedikit asam. Waktu pemrosesan yang lebih lama, kata Derocha, dapat membantu mengurangi tingkat keasaman dalam kopi. Nah, sebagai alternatif, kita juga bisa membuat kopi saat malam hari lalu menyimpannya di dalam kulkas. Pagi harinya, kita bisa menikmati secangkir kopi dengan nikmat.

 

Read 185 times

About

  • Delta FM adalah sebuah stasiun radio yang merupakan bagian dari Group Masima Radio Network (MRN) perusahaan pengelola radio dari berbagai segmen pendengar beberapa diantaranya Radio Prambors dan Radio Bahana

Station

Jakarta 99.1 FM
Bandung 94.4 FM
Surabaya 100.5 FM
Makassar 99.2 FM
Manado 99.3 FM
Medan 105.8 FM
Semarang 96.1 FM
Yogyakarta 103.7 FM