Delta Music Incubator



Nyamuk jadi musuh manusia. Tidak hanya gigitannya yang membuat kulit jadi bentol, gatal, dan kemerahan, nyamuk pun juga bisa menimbulkan beragam penyakit, seperti DBD (demam berdarah dengue) dan malaria.

Untuk mengusirnya, orang seringkali mengunakan obat berbahan kimia yang berpotensi berdampak buruk bagi kesehatan. Nah, mengapa Anda tidak mencoba alternatif lain untuk menggunakan tanaman pengusir nyamuk di rumah?

Ternyata ada beragam tanaman yang terbukti ampuh mengusir nyamuk. Apa saja? Berikut ini tanaman-tanaman yang bisa membantu mengusir nyamuk di rumah Anda.

1. Serai wangi

Serai tidak hanya digunakan sebagai penyedap makanan atau minuman saja. Tanaman ini juga bisa digunakan sebagai pengusir nyamuk. Oleh karena itu, tidak heran jika lilin aromaterapi atau losion anti nyamuk sering menggunakan serai sebagai bahan utamanya.
Serai bisa tumbuh subur di berbagai iklim dan jenis tanah. Hal inilah yang membuat serai jadi tanaman yang mudah ditemui dan dipelihara sendiri di rumah. Meskipun serai tidak cocok bila ditanam di dalam pot, Anda bisa mengakalinya dengan menanamnya di bawah jendela sekitar rumah. Ini dilakukan agar nyamuk tidak masuk ke dalam rumah.

2. Lemon balm

Sama seperti serai, lemon balm juga mengandung senyawa sitronelal yang ampuh untuk mengusir nyamuk. Aroma jeruk dari daun lemon balm ini juga salah satu wewangian yang tidak disukai nyamuk.
Meski begitu, Anda harus berhati-hati apabila ingin menanam daun ini di pekarangan rumah. Pasalnya, tanaman ini memiliki sifat invasif, atau memiliki pertumbuhan yang cepat.

3. Lavender

Bunga lavender berwarna ungu dan memiliki aroma yang sangat harum. Meski aromanya banyak disukai manusia, namun bagi nyamuk aroma lavender merupakan aroma yang paling dihindari. Pasalnya lavender mengandung zat linalool dan lynalyl asetat, yaitu dua zat yang sangat tidak disukai oleh nyamuk. Anda bisa meletakkan tanaman bunga lavender di dalam pot dekat jendela atau pintu agar tidak ada nyamuk yang masuk ke rumah.

4. Catnip

Catnip atau Nepeta cataria adalah tanaman yang sering digunakan untuk merangsang kucing agar lebih aktif. Setelah kontak dengan tanaman ini, kucing Anda mungkin akan menunjukkan perubahan perilaku yang semakin aktif. Namun, hal ini tidak berlaku bagi nyamuk. Pasalnya, catnip merupakan tumbuhan yang sangat ditakuti nyamuk.
Penelitian menundapati bahwa kandungan minyak esensial dalam catnip, yang dikenal sebagai nepetalactone, diketahui ampuh untuk mengusir nyamuk daripada obat DEET (Diethyl-meta-toluamide), yaitu unsur kimia yang berpotensi memberikan dampak buruk bagi kesehatan.

Tanaman ini bisa tumbuh tinggi, jadi jika Anda ingin menanamnya di pekarangan rumah, sebaiknya tanamlah di area yang tidak akan menghalangi pandangan.

5. Bawang putih

Bawang putih sudah lama digunakan untuk mengusir nyamuk. Anda bisa mengiris bawang putih dan menaruhnya di tempat-tempat di mana sirkulasi udara berasal, misalnya jendela dan pintu rumah. Agar tidak terlalu beraroma menyengat Anda bisa menambahkan minyak esensial lavender atau lainnya sesuai dengan selera.

6. Geranium

Geranium juga diketahui sebagai jenis tumbuhan pengusir nyamuk. Tanaman yang lebih dikenal dengan tapak dara ini mengandung geraniol dan sitronelol. Kandungan tersebut sangat tidak disukai oleh nyamuk karena baunya yang harum saat tertiup angin.
Anda bisa menanam tanaman ini di dalam pot dan kemudian menaruhnya di dalam ruangan untuk mengusir nyamuk yang masuk ke dalam rumah. Selain untuk mengusir nyamuk, geranium juga sangat cocok untuk dijadikan sebagai tanaman hias karena memiliki warna bunga yang sangat cantik. (kompas.com)

Tak perlu susah-susah menunggu Maroon 5 konser dan antre membeli tiketnya, yang menguras kantong. Para pengguna kereta bawah tanah di New York bisa menonton mereka gratis.

Adam Levine cs benar-benar mengamen di stasiun kereta bawah tanah New York dan secara mendadak, tanpa persiapan latihan seperti di konser-konser biasanya, menyanyikan Crazy Little Thing Called Love serta Sugar. Keduanya lagu dari album kelima, V.

Levine dan teman-teman band-nya berpenampilan tidak seperti saat mereka konser. Levine menutupi tato-tato di tubuhnya dengan busana panjang dan tebal. Ia juga berkaca mata hitam dan mengenakan topi. Bukan hanya itu, ia juga memakai wig panjang serta berjenggot lebat.

Ia jadi lebih terlihat seperti gelandangan yang mengamen ketimbang bintang pop.

Mereka kemudian berjalan dan menempati salah satu sudut di mana sudah ada dua mikrofon berdiri dan selembar karpet. Tak ada panggung megah atau sorot lampu yang menyilaukan.

Namun sejak pertama melantunkan nada, nyanyian Levine sudah menuai perhatian. Pengguna kereta bawah tanah di New York langsung mengelilinginya dan mengabadikan momen ia menyanyi. Meski begitu, mereka belum tahu siapa di balik jenggot tebal dan kaca mata itu.

Baru dua atau tiga menit, mereka langsung mendapat puluhan penonton, meski Levine menyanyikan Crazy Little Thing Called Love dengan sedikit berbeda, suaranya tak bisa berbohong. Setelah lagu itu, Jimmy Fallon akhirnya membuka kedok mereka.

“Ini Maroon 5!” teriaknya, yang langsung disambut histeria penonton.

Semakin banyak lagi mereka yang berlarian dan mengerubungi spot pengamen itu. Para gadis terlihat berlarian sembari membawa ponsel mereka, berniat mengabadikan aksi Levine.

Baru setelah itu, Levine menyanyikan Sugar dengan gayanya yang biasa. “Saya akan melepas ini semua,” ujarnya sebelum menyanyi, sembari melepaskan wig, topi dan jenggotnya.

Sementara itu, Fallon asyik berjoget. Aksi itu pun membetot perhatian lebih banyak lagi.

Diberitakan The Hollywood Reporter, aksi Maroon 5 itu merupakan salah satu tantangan Jimmy Fallon untuk Tonight Show. Sebelumnya, ia sudah melakukan tantangan yang sama terhadap Miley Cyrus dan U2. (cnnindonesia.com)

Setelah lima matchday berlangsung, ada delapan klub yang sudah memastikan diri lolos ke babak 16 besar Liga Champions. Delapan tiket tersisa harus ditentukan di pekan terakhir.

Dari Grup A, kegagalan Manchester United meraih poin di markas FC Basel membuat belum ada klub yang dipastikan lolos dari grup ini. Namun, Manchester United tetap jadi calon terkuat untuk lolos karena mereka unggul tiga angka atas Basel dan CSKA Moskow.

Kemenangan atas Manchester United itu juga membuat peluang Basel untuk lolos menjadi lebih besar dibandingkan CSKA Moskow. Pasalnya, CSKA Moskow harus menghadapi Manchester United di Old Trafford sedangkan Basel bakal bertandang ke markas Benfica yang sudah dipastikan tersingkir.

Pada Grup B, Paris Saint-Germain dan Bayern Munich sudah memastikan diri lolos ke babak 16 besar. Bayern masih punya peluang untuk menggusur PSG dari puncak klasemen karena mereka akan saling berhadapan di laga terakhir meski misi tersebut terbilang berat untuk 'FC Hollywood'.

Pada Grup C, Chelsea mengunci tiket 16 besar lewat kemenangan 4-0 Qarabag. Atletico Madrid membuka peluang untuk lolos ke babak 16 besar setelah mengalahkan AS Roma 2-0. Tetapi Atletico butuh 'bantuan' dari Qarabag untuk mengalahkan Roma sambil mereka berusaha menaklukkan Chelsea.

Di Grup D, Barcelona meraih tiket babak 16 besar setelah membawa pulang satu angka dari Turin lewat hasil 0-0 lawan Juventus. Satu tiket dari grup D kini akan diperebutkan oleh Juventus dan Sporting Lisbon.

Dari laga Liga Champions sehari sebelumnya, Selasa (21/11), Manchester City (Grup F), Besiktas (Grup G), serta Tottenham Hotspur dan Real Madrid (Grup H) juga sudah menjejakkan kaki ke babak 16 besar.

Matchday terakhir babak grup Liga Champions akan digelar 5-6 Desember 2017.

Daftar Tim yang Sudah Lolos ke 16 Besar:

Paris Saint-Germain, Bayern Munich, Chelsea, Barcelona, Manchester City, Besiktas, Tottenham Hotspur, Real Madrid. (cnnindonesia.com)

Wali Kota Bima Arya mengatakan musyawarah pimpinan daerah (muspida) telah berkoordinasi terkait persiapan menjelang Presiden Jokowi berkantor di Istana Bogor selama Desember. Pasokan listrik hingga potensi gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) menjadi perhatian.

"Yang pertama, tentu kita tingkatkan koordinasi kita, karena akan ada peningkatan aktivitas Presiden di Istana, terutama ketertiban arus lalu lintas di seputar Istana Kebun Raya," kata Bima dalam perbincangan, Rabu (22/11/2017).

Kapolda Jabar Irjen Agung Budi Maryoto juga sudah ke Bogor untuk melakukan koordinasi. Selain soal lalin, kantong-kantong parkir disiapkan mengingat Presiden juga akan menggelar rapat terbatas, rapat kabinet, hingga kedatangan tamu negara.

"Yang kedua, saya koordinasikan dengan PLN, PDAM, untuk pastikan pasokan listrik dan air tersedia semua," ujarnya.

Ketiga, lanjutnya, pihaknya juga memastikan stabilitas politik lebih aman dan terkendali.

"Ibaratnya, sekarang Ibu Kota Negara RI pindah ke Bogor. Karena itu, segalanya kita waspadai, potensi-potensi gangguan kamtibmas kita koordinasikan," tuturnya.

Bima menekankan tidak ada kendala terkait persiapan Presiden Jokowi berkantor di Bogor. Sebab, selama ini Bogor juga sering dijadikan tempat menerima tamu-tamu negara.

"Karena selama ini kita cukup terbiasa dengan kedatangan tamu-tamu negara. Kemarin Presiden Korsel tiba-tiba blusukan kan. Beberapa tamu negara juga sudah sering datang, kita koordinasikan. Tinggal melanjutkan saja," ujarnya. (detik.com)

Page 1 of 524

About

  • Delta FM adalah sebuah stasiun radio yang merupakan bagian dari Group Masima Radio Network (MRN) perusahaan pengelola radio dari berbagai segmen pendengar beberapa diantaranya Radio Prambors dan Radio Bahana

Station

Jakarta 99.1 FM
Bandung 94.4 FM
Surabaya 100.5 FM
Makassar 99.2 FM
Manado 99.3 FM
Medan 105.8 FM
Semarang 96.1 FM
Yogyakarta 103.7 FM