Music


Rate this item
(0 votes)
in Music

Radiohead Tuduh Lana Del Rey Jiplak Lagu 'Creep'

By Published January 09, 2018

Band rock Radiohead menggugat penyanyi Lana Del Rey atas tuduhan pelanggaran hak cipta. Band asal Inggris itu mengklaim bahwa lagu Get Free milik Rey mirip dengan hit mereka pada 1992, Creep.

Seorang sumber mengatakan kepada The Sun bahwa kini keduanya tengah berusaha menyelesaikan perkara itu agar tak perlu dibawa ke pengadilan.

Sumber tersebut menambahkan bahwa tim Radiohead berharap para personel dapat menerima kompensasi atau diberi kredit dalam daftar penulis lagu untuk menerima royalti.

Sementara Radiohead belum mengomentari rumor tersebut, Rey mengonfirmasi kebenarannya melalui Twitter. Dia mengklaim bahwa Radiohead dalam proses menuntutnya dan menyebut perkara itu kemungkinan akan berakhir di pengadilan.

"Memang benar tentang tuntutan hukum tersebut," cuitnya mengawali.

Lebih lanjut, dalam cuitan itu Rey menampik dirinya menjiplak lagu Creep dan menyebut telah berusaha menyelesaikannya dengan mengajukan sebuah kesepakatan. Sayang, keduanya tak mencapai titik temu hingga kemungkinan berlanjut ke meja hijau.

"Meskipun saya tahu lagu saya tidak terinspirasi oleh Creep, Radiohead merasakannya dan menginginkan 100 persen royalti. Saya menawarkannya hingga 40 persen beberapa bulan ini, tapi mereka hanya mau menerima 100 persen. Pengacara mereka keras hati, jadi kami menghadapinya di pengadilan," tambahnya.

Menurut laporan AceShowbiz, ini bukanlah kali pertama Radiohead mengalami beberapa urusan hukum dengan lagu Creep. Setelah merilis lagunya pada September 1992, band ini digugat atas kemiripan lagu milik Hollies, The Air That I Breathe yang dirilis pada 1974.

Setelah Radiohead mengakui kesamaan antara dua melodi lagu dan struktur akord, gugatan tersebut diselesaikan di luar pengadilan. Penulis lagu tahun 1974, Albert Hammond dan Mike Hazlewood pun akhirnya terdaftar sebagai penulis lagu Creep.

"Karena mereka jujur, mereka tidak dituntut. Jadi akhirnya kami mendapat bagian kecil," kata Hammond kala itu. (cnnindonesia.com)

Read 259 times

Media

About

  • Delta FM adalah sebuah stasiun radio yang merupakan bagian dari Group Masima Radio Network (MRN) perusahaan pengelola radio dari berbagai segmen pendengar beberapa diantaranya Radio Prambors dan Radio Bahana

Station

Jakarta 99.1 FM
Bandung 94.4 FM
Surabaya 100.5 FM
Makassar 99.2 FM
Manado 99.3 FM
Medan 105.8 FM
Semarang 96.1 FM
Yogyakarta 103.7 FM