Music



Salah satu kekayaan wastra Indonesia, yaitu batik, dipamerkan di markas UNESCO di Paris, Perancis, dalam pameran dan peragaan busana bertajuk Batik For The World. Pameran yang berlangsung pada 6-12 Juni 2018 ini merupakan kolaborasi tiga desainer yang konsisten mengangkat wastra nusantara, yaitu Oscar Lawalata, Edward Hutabarat dan Denny Wirawan.

 

Oscar sendiri membawa batik dari lima daerah di Jawa Timur, diantaranya Madura, Surabaya, Ponorogo, Trenggalek dan Tuban dalam tampilan koleksi ready to wear. Edward Hutabarat memboyong batik dari daerah pesisiran Cirebon dan Pekalongan, sementara Denny Wirawan akan mengusung keindahan dan keunikan Batik Kudus.

Batik For The World ini merupakan inisiatif Oscar Lawalata untuk menunjukkan kembali kekayaan, perkembangan dan sejarah Batik Indonesia dengan menghubungkannya kepada pengrajin batik dan seni fesyen pada masa kini. “Saya menggagas dan mengajak beragam pihak, baik dari pemerintah maupun swasta untuk bersama-sama bergandengan tangan dan menunjukkan kepada dunia bahwa kita memiliki batik sebagai ciri khas yang kuat dan berlangsung selama ratusan tahun,” ujar Oscar dalam siaran pers yang dikirim kepada Kompas.com. Sekitar 100 kain batik yang sudah dikurasi oleh bersama Yayasan Batik Indonesia (YBI), Rumah Pesona Kain, dan Oscar Lawalata Culture, dipamerkan di Hall Miro dan Hall Segur di kantor pusat UNESCO.

 

Di area ini ditampilkan keragaman kekuatan motif batik-batik lawas yang khas hingga motif batik yang telah dikemas secara modern Ketiga desainer itu juga menampilkan batik yang sudah diolah menjadi berbagai busana. Mulai dari gaun malam sampai gaun pengantin. “Saya ingin menampilkan bagaimana batik bisa bersanding dengan berbagai barang branded lainnya namun batik tetap yang menjadi pusat perhatian,” kata Edward. Serangkaian kegiatan lain yang dapat dijumpai pengunjung antara lain mendatangi area pengrajin yang akan menampilkan demo proses membuat kain batik. Pengunjung juga bisa mengikuti talkshow mengenai industri batik Indonesia dan perkembangannya, tradisi batik dan budayanya, serta cara memakai kain batik itu sendiri. (KOMPAS.com)

‘Girls’ mungkin tidak mencapai misi ambisius Rita Ora untuk menjadikannya anthem ala ‘Lady Marmalade’ untuk masa kini, mengingat kritikan tajam yang dilayangkan sanggup memendam performa lagu. Meski begitu, tak menghalangi Rita untuk merilis video musik untuk lagu kolaborasinya bersama Charli XCX, Bebe Rexha dan Cardi B ini.

Tentu saja video masih bermain-main dengan konsep biseksualitas sebagaimana lagunya. Rita Ora tampil tak tanggung-tanggung dalam klip, memperlihatkan penampilan ala dewi di dalamnya, sementara seting seperti taman surgawi mendukung tampilan Rita tadi.

Mungkin masalah menemukan waktu yang pas bagi para penyanyi ini untuk merekam klip secara bersamaan, sehingga pada akhirnya setiap segmen adegan para penyanyi, seperti Charli yang berada di sebuah hutan gelap, Bebe dengan cermin reflektif dan Cardi dengan usungan konsep virtual reality, terasa tidak menyambung dengan baik.

Mau tidak mau, kesan glamor video justru mempertegas kecaman jika biseksualitas hanyalah bersifat eksploitatif dalam ‘Girls’ ketimbang memberi platform untuk komunitas LGBTQ+. Meski begitu, video tetap menghibur untuk disimak dan tidak terlalu ofensif juga. Setidaknya jika ingin melihat Rita dan Cardi berciuman, maka video ‘Girls’ adalah jawabannya. (Creative Disc)

 

Bintang Timnas Brasil, Marcelo menyatakan kedatangan Neymar ke Real Madrid tak berarti Cristiano Ronaldo harus keluar dari tim tersebut.

Real Madrid saat ini tengah dalam kondisi sulit karena Zinedine Zidane sudah memutuskan mundur dari kursi pelatih. Masa depan Ronaldo juga belum jelas seiring komentarnya usai final Liga Champions.

Selain urusan pendapatan, rumor keinginan Real Madrid mendatangkan Neymar juga jadi salah satu faktor yang mungkin mendorong Ronaldo hengkang.

 

Namun bagi Marcelo, Ronaldo dan Neymar bisa bermain dalam satu tim yang sama.

"Cristiano Ronaldo tidak memiliki Real Madrid. Bila Presiden Florentino Perez menginginkan seseorang, maka dia akan coba mendapatkannya."

 

"Situasi yang ada saat ini bukan seperti Neymar tidak akan masuk karena Cristiano Ronaldo masih ada di dalam tim," ucap Marcelo seperti dikutip dari Sportskeeda.

Marcelo menyatakan dirinya juga sudah berusaha meyakinkan Ronaldo untuk tetap bertahan di Los Blancos. Selain itu, Marcelo juga tak pernah kehilangan keyakinan bahwa Neymar benar-benar akan datang ke Real Madrid.

"Saya ingin Cristiano Ronaldo untuk bertahan, semua pemain ingin itu. Pintu Real Madrid selalu terbuka untuk Neymar. Pemain terbaik di dunia seharusnya bermain di Real Madrid."

"Saya sudah mengatakanan 2-3 tahun lalu. Saya menerka suatu hari Neymar akan bermain di Real Madrid. Namun saya tak tahu kapan hal itu terjadi," kata Marcelo.

Tak Mau Terlibat Konflik Ramos-Firmino

Marcelo juga menyatakan dirinya tak mau terlalu terlibat dalam perselisihan Sergio Ramos dengan Roberto Firmio. Ramos mengejek pemain-pemain Liverpool yang menyalahkan dirinya dan Firmino tak menerima hal tersebut.

"Tentang Firmino dan Sergio, saya memahami apa yang dikatakan olehnya sebagai gurauan, semua bisa melihat hal itu dari video."

"Saya tak mau memberikan opini tentang hal ini. Saya mempertimbangkan bahwa setiap pemain seharusnya saling menghormati sesama," ujar Marcelo.(CNN Indonesia)

Pemerintah berencana menaikkan tarif batas atas pesawat jika harga bahan bakar avtur mengalami kenaikan sebesar 10 persen. Sejak dua hingga tiga minggu terakhir, kenaikan harga avtur sudah mencapai 6,67 persen.

"Kalau sudah kenaikan bahan bakar dan mata uang, masukan dalam rumus ya 10 persen baru kita naikkan, ini belum," kata Direktur Angkutan Udara Maria Kristi Endah Murni saat ditemui di Jakarta, Kamis (7/6).

Kristi mengatakan bahwa pihaknya juga telah menanggapi permintaan maskapai untuk menaikkan tarif batas bawah menjadi 40 persen dari tarif batas atas dari saat ini yang masih 30 persen. Namun, permintaan tersebut belum akan dikabulkan dalam waktu dekat.


"Sudah kami jawab, tapi kayaknya enggak masuk di hitungan," katanya.

Menurut Kristi, maskapai pun sudah memaklumi keputusan tersebut. Pasalnya, saat musim mudik seperti saat ini, maskapai memang tengah mengejar tarif batas atas.

"Sekarang kan sudah bukan tarif batas bawah yang dikejar, Lebaran ini tarif batas atas," katanya.

Sebelumnya, Asosiasi Perusahaan Penerbangan Nasional Indonesia (Inaca) mengajukan penyesuaian tarif batas bawah 40 persen dari tarif batas atas kepada Kementerian Perhubungan. Hal ini menyusul kenaikan harga bahan bakar pesawat avtur yang saat ini sudah mencapai 40 persen.

Ketua Umum Inaca Pahala N Mansury mengatakan pihaknya telah mengajukan penyesuaian tarif batas tersebut sejak pertengahan 2017.

"Sekarang tarif batas bawah 30 persen dari tarif batas atas, kami berharap dilakukan penyesuaian kembali lagi seperti sebelumnya 40 persen dari tarif batas atas," ujarnya.

Pahala menjelaskan 90 persen pengeluaran dilakukan dalam mata uang dolar AS, dan 30 persen porsi biaya operasional adalah untuk pembelian avtur.

Dengan depresiasi nilai tukar rupiah sekitar empat hingga lima persen, menurut dia, kenaikan biaya operasional mencapai 17 persen.

"Pengeluaran kami hampir semua dalam dollar, sementara pendapatan dalam rupiah, jadi tidak berimbang. Tahun lalu harga avtur itu lebih rendah 29 persen, sekarang lebih mahal 12 persen," jelasnya. (CNN Indonesia)

Page 1 of 621

About

  • Delta FM adalah sebuah stasiun radio yang merupakan bagian dari Group Masima Radio Network (MRN) perusahaan pengelola radio dari berbagai segmen pendengar beberapa diantaranya Radio Prambors dan Radio Bahana

Station

Jakarta 99.1 FM
Bandung 94.4 FM
Surabaya 100.5 FM
Makassar 99.2 FM
Manado 99.3 FM
Medan 105.8 FM
Semarang 96.1 FM
Yogyakarta 103.7 FM