Superstar asal Portugal Cristiano Ronaldo sudah menginjakkan kakinya di kota Turin pada Minggu (15/07) petang waktu setempat.

Ronaldo sudah pasti meninggalkan Real Madrid. Los Blancos mengumumkan kepergiannya pada tanggal 10 Juli 2018 lalu.

Juventus pun dipastikan akan merapat ke Juventus musim depan. Ia didatangkan dengan dana 105 juta Euro.

Akan tetapi, Ronaldo masih belum bisa diperkenalkan ke publik. Pasalnya ia masih menikmati masa liburannya.

Ronaldo sempat berlaga di Piala Dunia 2018. Akan tetapi Portugal tersingkir di babak 16 besar melawan Uruguay.

Setelah itu ia memilih untuk berlibur ke Yunani. Saat Madrid mengumumkan kepergiannya, Ronaldo sudah berada di sana.

Ronaldo kemudian dikabarkan akan diperkenalkan ke publik setelah Piala Dunia 2018 berakhir. Kabarnya prosesi perkenalan itu akan dihelat pada tanggal 16 Juli.

Ronaldo akhirnya menuntaskan masa liburannya. Ia pun telah tiba di Turin pada hari Minggu ini melalui bandara Caselle. Ia tiba dengan menaiki jet pribadinya.

Ia tak sendirian. Kekasihnya yakni Georgina Rodriguez juga mendampingi pemain berusia 33 tahun tersebut. (Bola.net)

Kroasia harus mengakui kekuatan Prancis saat takluk 2-4 di final Piala Dunia 2018 Rusia, Minggu (15/7) malam WIB kemarin. Setelah melalui perjalanan berat di enam laga sebelumnya, langkah Kroasia akhirnya terhenti di hadapan kekuatan Prancis.

Final kali ini seakan menjadi rangkuman perjalanan Piala Dunia 2018 mulai dari fase grup. Ada gol melalui situasi bola mati, gol yang berawal dari insiden VAR, gol serangan balik cepat, dan gol tendangan dari luar kotak penalti. Wasit pun beberapa kali menjadi sorotan lantaran keputusannya dianggap kurang tepat.

Dua gol pertama Prancis dinilai lahir dari keputusan kontroversial wasit. Pertama saat memberikan tendangan bebas karena pelanggaran minim, kedua saat memberikan hadiah penalti karena handball Ivan Perisic.

Di kedua insiden tersebut, keputusan wasit terus diperdebatkan.

Kapten timnas Kroasia, Luka Modric menilai dua insiden tersebut sangat berpengaruh pada mentalitas timnya. Di saat timnya mau bertarung, berjuang, wasit justru memberikan hadiah penalti pada Prancis.

"Saya tidak melihat penalti itu tetapi Perisic mengatakan pada saya bahwa dia tidak sengaja. Pemain lain mengatakan sebaliknya. Gol pertama juga bukan pelanggaran dan hal-hal ini mempengaruhi anda," kata Modric dikutip dari diario as.

"Kami mendominasi Prancis dan penalti ini datang, anda harus bertarung dan melakukan serangan balik. Namun kami tak bisa mengubah apa yang terjadi."

Lebih lanjut, Modric merasa timnya sudah tampil lebih baik dan layak mendapatkan hasil yang maksimal. Hanya saja sepak bola memang selalu seperti ini, dia pun tetap mengaku bangga.

"Saya kira kami layak mendapat lebih baik di final tetapi inilah sepak bola. Kami harus bangga karena kami tak pernah menyerah."

"Dengan apa yang sudah kami lakukan, kami pergi dengan kepala tegak. Kami sudah sangat dekat dan itu tidak mudah," imbuh dia.

"Kami layak mendapatkan lebih baik tetapi tim terbaik tak selalu menang. Karena itulah sepak bola adalah olahraga terbaik di dunia, meski tidak mudah ketika anda kalah." (Bola.net)

Kepala Peleton dari Sektor 3 Suku Dinas Pemadam Kebakaran Jakarta Utara, Haerudin tewas saat berjuang memadamkan kebakaran yang melanda sebuah gudang material di Jalan Kenanga, Kelurahan Sunter Agung, Tanjung Priok, Senin (16/7).

"Dia (Haerudin) Kepala Peleton dari Sektor 3 Jakarta Utara. Usianya 51 tahun," kata Subarlan, operator Sudin Damkar Jakarta Utara saat dihubungi CNNIndonesia.com.

Subarlan menuturkan Haerudin tewas di Rumah Sakit Umum Daerah Koja, Jakarta Utara. Rekan-rekannya membawa Haerudin karena mengalami sesak nafas. Mereka menduga Haerudin menghirup asap tebal di lokasi pemadaman.


Selama perjalanan, kata Subarlan, Haerudin masih sempat berbincang dengan rekannya di mobil. Kondisinya menurun saat tiba di RS Koja.

"Dia tewas di RS sekitar pukul 06.00 WIB. Dokter yang memeriksanya bilang Haerudin mengalami serangan jantung," ujar Subarlan.

Lihat juga: 16 Damkar Dikerahkan Padamkan Kebakaran Gudang di Jakut
Jenazah Haerudin rencananya akan dibawa ke kampung halamannya di Tasikmalaya, Jawa Barat.

Sementara kebakaran di gudang material di Jalan Kenanga, Sunter Agung telah berhasil dipadamkan oleh petugas damkar.

Api padam pada pukul 09.10 WIB. Dibutuhkan 16 unit mobil damkar untuk memadamkan kobaran api.

Subarlan mengatakan saat ini tim Damkar masih mendata jumlah bangunan yang ikut terbakar akibat kebakaran.

Dia belum bisa memastikan jumlah kerugian maupun korban akibat insiden tersebut. Penyebab kebakaran juga masih dalam penyelidikan. (CNN Indonesia)

Adnan Oktar, pendakwah dan penulis buku-buku Islam, ditangkap oleh polisi Turki di Istanbul bersama 235 pengikutnya.

Oktar yang memakai nama pena Harun Yahya, diduga mendirikan kelompok penjahat, melakukan penipuan, dan tindak pelecehan seksual.

Menurut kantor berita Turki, Anadolu, polisi melakukan penggerebekan di beberapa tempat di Turki, termasuk di lima provinsi yang berbeda dan di berbagai lokasi properti milik Oktar.

Polisi mengatakan mereka mencari bukti kejahatan finansial yang diduga dilakukan oleh Oktar.

Oktar sendiri ditahan di rumahnya di Istanbul, di kawasan Cengelkoy, yang merupakan bagian Asia dari kota ini.

Ini untuk kedua kalinya organisasi yang ia jalankan berusan dengan pihak berwajib yang berujung dengan penahanan dirinya.

Pada 1999 lalu ia juga ditahan dengan tuduhan melakukan intimidasi dan mendirikan kelompok penjahat, namun penyelidikan atas kasus ini kemudian dihentikan.

Oktar yang dikenal sebagai figur flamboyan ini mendirikan organisasi Islam di Istanbul pada 1980-an dan pengaruh serta kekayaannya bertambah secara signifikan, walau bagi pihak luar, sulit memahami dari mana persisnya asal kekayaannya.

 

Tergantung dari mana Anda melihat, Oktar bisa disebut sebagai 'pemikir yang berbahaya' atau 'pemikir yang berpengaruh'.

Yang pasti, ia dikenal aktif mengkampanyekan gerakan anti-Semitisme. Ia menolak Holokaus.

Selain itu, ia percaya bahwa semua yang ada di alam semesta ini diciptakan Tuhan dan menentang keras teori evolusi Charles Darwin.

Dalam wawancara dengan wartawan BBC Andrew Marr pada 2010, Oktar mengatakan bahwa teori Darwin adalah sumber inspirasi utama para teroris era modern.

"Hitler, Mussolini, Stalin dan banyak teroris terkenal lainnya dengan jelas mengatakan bahwa pemikiran mereka dipengaruhi oleh Darwin... tanpa Darwin tidak akan ada terorisme," tegas Oktar.

Ia menegaskan Hitler bisa berkuasa atas peran yang ia sebut sebagai 'elemen negara Inggris'.

Ini adalah teori konspirasi yang mengklaim bahwa terdapat kelompok yang sangat kuat yang punya hubungan dengan pemerintah dan militer yang punya kapasitas memanipulasi dan mengontrol kebijakan pemerintah.

Setelah serangan teroris pada 11 September di Amerika Serikat, Oktar mulai menunjukan dirinya sebagai pegiat lintas agama, seseorang yang mendukung dialog antaragama dan membantu perang terhadap terorisme internasional.

Beberapa tahun lalu, Oktar meluncurkan saluran TV, yang ia manfaatkan sebagai medium untuk menyebarkan keyakinan dan intepretasinya atas Islam.

Di acara yang disiarkan saluran ini, ia tampil dikelilingi beberapa layar komputer dan para perempuan muda setengah telanjang.

Oktar menerbitkan sejumlah buku dengan nama pena Harun Yahya dan beberapa bukunya mengklaim ia telah membongkar 'kerja sama rahasia' yang dilakukan oleh pemerintahan bayangan Inggris di Turki dan di kawasan.

Ia mengatakan investigasi yang ia lakukan menjadi alasan mengapa organisasinya mendapatkan tekanan dan didakwa melakukan tindak kejahatan.

Namun pria yang menentang sistem presidensial di Turki ini malah mendukung penuh Presiden Recep Tayyip Erdogan, yang belum lama ini terpilih kembali menjadi presiden dengan menggambarkan Erdogan sebagai 'pejuang muda yang berani'.

Selain berpandangan kontroversial, Oktar diketahui suka bergaya hidup mewah dan ini bisa dilihat dari foto-foto yang diunggah ke media sosial.

Ia tinggal di sebuah Villa mewah di Istanbul dan sering difoto bersama perempuan-perempuan berbusana minim.

Para pengikutnya terlihat tinggal di apartemen mewah yang berlokasi di kawasan eksklusif di kota tersebut, biasanya mereka terdiri dari tiga sampai empat orang dalam satu kelompok.

Menurut media di Turki, para pengikutnya memiliki pekerjaan tetap sedang sebagian lainnya bekerja untuk organisasinya dan bertugas menulis buku, melakukan promosi ke media maupun melakukan perekrutan anggota baru.

Dengan menggunakan nama pena Harun Yahya, ia menulis beberapa buku mengenai teori evolusi dengan pesan bahwa evolusi 'adalah kebohongan'.

Ribuan buku yang diberinya judul 'Atlas of Creation' (Atlas Penciptaan) dikirim kepada para pejabat pemerintah, diplomat asing dan juga wartawan.

Dia juga dikenal sering menggelar iftar atau buka puasa bersama di bulan Ramadan di hotel eksklusif di Istanbul, dengan mengundang media, organisasi internasional, dan para politisi.

Yang mungkin paling kontroversial dari kehidupan Oktar adalah para pengikut perempuannya, yang sering terlihat memakai kosmetik tebal dan berpakaian minim.

Beberapa bekas pengikutnya -yang sekarang tentunya tak aktif di organisasi ini- mengklaim bahwa Oktar mencuci otak para pengikut perempuan ini, mengancam mereka, dan menjadikan mereka sebagai 'budak seks'.

Menurut beberapa laporan, kelompok Oktar mengirim orang-orang terpercaya untuk mencari para perempuan cantik dan laki-laki tampan dari keluarga mapan untuk direkrut menjadi anggota atau pengikut.

Diduga sebagian besar perekrutan anggota baru biasanya terjadi di universitas-universitas swasta.

Banyak keluarga yang menyampaikan bahwa jika seorang perempuan direkrut oleh organisasi Oktar, maka mereka akan kehilangan kontak dengan keluarganya dan pihak keluarga tidak akan pernah bisa bertemu dengan mereka.

Saat memberikan bukti dalam penyelidikan polisi pada 1999, mereka mengklaim bahwa para perempuan yang direkrut itu kemudian akan dibujuk untuk berpartisipasi dalam kegiatan seks dan kegiatan tersebut akan difilmkan atau difoto.

Belakangan foto atau video akan digunakan untuk mengancam mereka yang mencoba untuk meninggalkan atau pun menentang kelompok sekte tersebut.

Ketika itu, Ebru Simsek, seorang model Turki menuduh organisasi pemujaan ini telah memerasnya dengan menggunakan ancaman video seks.

Menurut bekas anggota organisasi, apabila seorang perempuan menikah dengan Oktar maka dia akan menjadi 'saudara perempuan' dan setelah menjadi 'saudara perempuan', tak seorang pun dari 'murid' laki-laki Oktar -yang diberi sebutan 'singa'- diizinkan untuk melakukan hubungan seksual dengan mereka.

Bekas anggota ini juga mengatakan, jika anggota tidak menjadi 'saudara perempuan', maka ia akan menjadi 'motor', sebuah istilah populer untuk menggambarkan perempuan yang tidur dengan banyak laki-laki.

Anggota laki-laki dari kelompok organisasi Oktar dibolehkan mendekati mereka dan melakukan hubungan seks.

Atas klaim-klaim ini, di masa lalu Oktar mengatakan bahwa ini semua adalah serangan terhadap dirinya dan organisasinya, sebagai bagian dari konspirasi global, yang digalang oleh lembaga intelijen Inggris.

Meski mengkritik agama Yahudi, Oktar memiliki hubungan yang baik dengan Israel dalam beberapa tahun belakangan.

Baik dirinya maupun para pengikut organisasinya mengunjungi Israel dalam berbagai kesempatan dan telah bertemu petinggi pendeta Yahudi dan juga para politisi.

Pejabat senior Israel juga membalas kunjungan ini dengan menjumpai Oktar di Turki.

Yang pernah bertemu Oktar di Turki antara lain adalah Ayoub Kara, menteri komunikasi Turki dan anggota parlemen Israel dari Partai Likud.

Kara tampil di stasiun TV milik Oktar, dengan mengatakan, "Saya sangat senang ketika saya di sini di Turki, mendengarkan (Oktar)".

Senada dengan Kara, rabi utama Tel Aviv, Yisrael Meir Lau, di acara TV Oktar mengatakan, "Saya ingin berterima kasih (kepada Anda) atas sambutan yang hangat ini, terima kasih atas undagannya dan terima kasih sudah diberi kesempatan untuk bertemu."

Setahun lalu Oktar mengirim delegasi untuk mengunjungi parlemen Israel, Knesset, bertemu dengan para pejabat senior dan diperkenalkan secara langsung kepada Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu. (BBC Indonesia)

Sudah menjadi praktik umum pihak penyiar pertandingan sepak bola menyoroti wanita-wanita cantik yang bersinar di antara ribuan pria dalam stadion sepak bola. Sama halnya di Piala Dunia 2018 Rusia ini, para juru kamera seakan berlomba-lomba menemukan mutiara di tengah lautan maskulinitas yang menguar di dalam stadion.

Terbukti selama hampir sebulan Piala Dunia bergulir, foto-foto fans cantik terus tersebar di jagat dunia maya. Tetapi sepertinya kebahagiaan para pria harus berakhir lebih cepat, FIFA berencana melarang aktivitas tersebut.

Tak akan ada lagi wajah wanita cantik yang memenuhi tiga perempat layar televisi. FIFA memang kejam pada pria-pria yang bosan melihat sesama jenisnya.

Berbicara sebelum laga semifinal Inggris vs Kroasia beberapa waktu lalu, kepala keanekaragaman FIFA Federico Addiechi menyebut sikap itu tak bisa diterima.

Addiechi menegaskan bahwa dia akan berusaha menerapkan aturan baru yang melarang pihak penyiar melakukan hal tersebut. Baginya aksi tersebut salah dan tidak menghargai derajat wanita.

"FIFA akan mengambil langkah melawan perbuatan yang salah. Kami sudah melakukan pembatasan pada penyiar individu, kami juga sudah melakukannya pada layanan siaran kami sendiri," kata Addiechi dikutip dari news.


Lebih lanjut, meski kebijakan ini mungkin tak bisa terwujud di Piala Dunia kali ini, Addiechi menjamin peraturan ini tak bisa ditahan terus-menerus. Baginya suatu saat nanti peraturan ini pasti akan diterapkan, entah berapa tahun lagi.

"Ini jelas merupakan satu hal yang akan kami perbuat di masa depan, ini evolusi yang wajar," tutupnya.

Sebelum Piala Dunia 2018 dimulai di Rusia, salah satu isu yang ditakuti akan berkembang pesat adalah homofobia dan tindakan rasial, tetapi sepertinya aksi seksisme terbukti jadi masalah yang paling krusial. (Bola.net)

Jelang final Piala Dunia 2018 di Stadion Luzhniki, Minggu (15/7), skuat Kroasia lebih berpengalaman menjadi juara dibandingkan dengan Prancis.

Total ada 131 gelar juara yang dikumpulkan 23 pemain Kroasia sepanjang karier mereka di level klub. Sementara Prancis yang memiliki banyak bintang hanya mempunyai 111 gelar juara. Gelar juara ini dihitung sejak para pemain meniti karier profesional di lever senior.

Striker Mario Mandzukic merupakan pemain Kroasia yang paling banyak mendapatkan gelar juara. Total striker 32 tahun itu memiliki 21 gelar juara. Selain di Juventus, Mandzukic meraih gelar-gelar itu saat bersama Atletico Madrid, Bayern Munchen, dan di Dinamo Zagreb.


Pemain kedua Kroasia yang sering mengangkat trofi adalah Luka Modric dengan 20 gelar juara. Kapten Kroasia tersebut banyak mendapatkan trofi saat bersama Real Madrid.

Skuat Kroasia lebih mendominasi perolehan gelar juara karena diisi banyak pemain senior. Di Piala Dunia 2018, Vatreni berada di urutan ke-18 sebagai tim dengan rataan usia tertua, 27,9 tahun, sementara rataan usia skuat Prancis hanya 26 tahun.

Di skuat Les Bleus, gelandang Blaise Matuidi berada di urutan teratas dengan perolehan 18 gelar juara, yang sebagian besarnya (14 trofi) didapat saat masih berseragam Paris Saint-Germain.

Di bawah Matuidi ada Raphael Varane yang mendapatkan 15 trofi bersama Real Madrid. Kendati demikian, dari 23 pemain Prancis hanya Nabil Fekir yang belum merasakan gelar juara bersama klub, sedangkan di timnas Kroasia ada tiga pemain: kiper Lovre Kalinic, Duje Caleta-Car, dan Josip Pivaric.

Pengalaman pemain-pemain Kroasia menjadi juara di level klub bisa menjadi modal bagi pelatih Zlatko Dalic menghadapi laga final nanti. Bagi Prancis, hal tersebut tentu patut diperhitungkan agar kesempatan menjadi juara Piala Dunia untuk kali kedua tidak hilang.

Setidaknya hal itu telah terbukti saat mengalahkan Inggris 2-1 di babak semifinal. Mental juara pemain-pemain Kroasia tetap konsisten hingga akhir laga dan lolos ke final Piala Dunia untuk kali pertama. (CNN Indonesia)

Sebuah ledakan di pabrik kimia di China menimbulkan kebakaran yang menewaskan 19 orang dan melukai 12 lainnya, ungkap pejabat setempat, seperti dilansir kantor berita Reuters, Jumat (13/7).

Belum jelas apa penyebab ledakan di Yibin Hengda Technology di kawasan industri tenggara Chengdu, Ibu Kota Sichuan.

Menurut aparat wilayah Jiang'an, korban yang mengalami luka-luka kini dalam kondisi stabil dan penyelidikan mulai dilakukan.

Foto-foto di media sosial China menunjukkan kobaran api yang besar dan asap membubung dari pabrik kimia tersebut.

Menurut pernyataan pemerintah, kebakaran mulai berkobar sejak Kamis sore dan berhasil dipadamkan sekitar pukul 23.30.

Sejak tahun lalu, China mulai meningkatkan pengawasan keselamatan industri menyusul beberapa insiden di pertambangan batu bara dan pabrik kimia.

Pada 2015, ledakan di sebuah gudang kimia di Kota Pelabuhan Tianjin menewaskan 165 orang. Tahun lalu, ledakan di sebuah pabrik petrokimia di Provinsi Shandong menewaskan delapan orang dan melukai sembilan lainnya. (CNN Indonesia)

Sejumlah pihak menganggap harga tiket Asian Games 2018 tak terjangkau, namun panitia menilai nominal yang mereka tetapkan justru lebih rendah dibandingkan harga karcis pada ajang sebelumnya.

Kritik soal tiket diutarakan pejabat negara hingga figur politik. Harga tiket tertinggi berlaku pada seremoni pembukaan Asian Games, sebesar Rp5 juta.

Sementara harga tiket paling rendah ditetapkan untuk sejumlah cabang olahraga seperti hoki dan tenis, sebesar Rp100 ribu.

Ketua Indonesia Asian Games Organising Committee (INASGOC), Erick Thohir, tak ingin terjebak dalam pro-kontra harga tiket yang dianggapnya politis.

Erick berkata, panitia penyelenggara menetapkan harga tiket berdasarkan standar Olympic Council of Asia dan survei pasar yang dilakukan Kantar TNS, perusahaan riset berbasis di London, Inggris.

"Seiring rupiah yang melemah saat ini, saya rasa ini adalah harga tiket termurah untuk seremoni pembukaan Asian Games yang pernah ada," kata Erick di Jakarta, Kamis (12/07).

Dalam risetnya, Kantar menggunakan parameter sensitivitas harga untuk mengukur harga karcis Asian Games yang diharapkan publik.

Merujuk hasil kajian mereka, Kantar menyebut masyarakat Jakarta bersedia membayar tiket yang lebih mahal dibandingkan warga Palembang.

Secara umum, Kantar menyimpulkan publik berkenan membayar tiket dengan harga tinggi untuk menyaksikan atlet Indonesia dan babak final kompetisi.

Cabang olahraga favorit dan atlet Indonesia pada babak penentuan medali juga disebut sebagai faktor yang mendorong publik mau membayar tiket mahal.

Dalam dokumen Kantar, rata-rata harga tiket untuk kelas tribun yang diharapkan masyarakat adalah Rp300 ribu, sedangkan kelas VIP mencapai Rp1,8 juta.

"Kami membandingkan harga dengan banyak acara internasional di Indonesia, seperti konser musik. Jika dibandingkan, tiket kami juga setara dengan Indonesia Open," kata Erick.

Erick mengklaim 25% tiket pembukaan Asian Games di Stadion Gelora Bung Karno, Jakarta, telah terjual. Ia yakin 40 ribu karcis yang tersedia akan ludes.

Berdasarkan laporan The Korea Times, penjualan tiket merupakan salah satu persoalan yang muncul pada Asian Games tahun 2014 di Incheon, Korea Selatan.

Panitia penyelenggara kala itu disebut keliru mengelola penjualan tiket sehingga stadion kerap sepi meski laga Asian Games berlangsung.

Erick tak memungkiri kemungkinan banyaknya bangku kosong pada sejumlah pertandingan Asian Games nanti. INASGOC membuat empat kategori antusiasme penonton, dari sangat tinggi hingga rendah.

Upacara pembukaan dan penutupan masuk kategori sangat tinggi, walau harga karcis dua seremoni itu tertinggi dibandingkan pertandingan lain.

Adapun, renang, bulutangkis, sepak bola, basket, voli, baseball, dan softball masuk kelompok cabang olahraga dengan antusias penonton tinggi.

Di tingkat sedang terdapat tinju, karate, tenis, hingga wushu. Sementara panahan, atletik hingga sepak bola perempuan dinilai akan sepi penonton.

Untuk olahraga tak populer itu, Erick menyebut INASGOC akan mengerahkan pelajar untuk mengisi deretan bangku penonton.

Kritik terhadap harga tiket Asian Games sebelumnya diutarakan Pemprov DKI Jakarta, petinggi Komisi X DPR, dan pimpinan MPR.

Kementerian Pemuda dan Olahraga juga mendorong INASGOC memaparkan alasan di balik harga karcis itu.

Tiket Asian Games dapat dibeli secara daring di Kiostix. Perusahaan itu dinyatakan sebagai pemenang lelang yang diikuti 20 korporasi penjualan karcis.

Erick Thohir menyebut publik dapat mengakses tiket dengan harga terjangkau melalui rekanan INASGOC, baik bank maupun perusahaan telekomunikasi.

Asian Games 2018 akan dibuka 18 Agustus mendatang dan ditutup pada 2 September. Ajang ini melibatkan 11.280 atlet dari 45 negara Asia--jumlah yang diklaim 20% lebih banyak daripada ajang sebelumnya.

Pemprov DKI menargetkan seluruh persiapan sarana-prasarana Asian Games di Jakarta akan tuntas pada 22 Juli.

Polri bakal menerjunkan sekitar 100 ribu polisi untuk mengamankan ajang empat tahunan tersebut. Satu polisi setidaknya akan berada di dalam setiap bus rombongan atlet dari dan menuju stadion.

Bappenas memprediksi Asian Games akan menggenjot perputaran uang sebesar Rp3,6 triliun, sebanyak 71% di antaranya beredar di Jakarta.

Sebesar 88% dari total uang itu muncul dari penonton dan turis. Sektor perhotelan diyakini akan mendapatkan porahsi terbesar, Rp1,3 triliun. (BBC Indonesia)

Salah satu transfer yang mungkin akan diingat sebagai salah satu yang paling menghebohkan sepanjang sejarah sepakbola dunia telah terkonfirmasi. Megabintang Real Madrid, Cristiano Ronaldo dipastikan bergabung dengan Juventus mulai musim ini.

Sejak 10 hari terakhir, rumor bakal bergabungnya Cristiano Ronaldo ke Juventus memang telah ramai bermunculan. Rumor kepergian pemain Portugal itu dari Santiago Bernabeu menuju Italia pun banyak dibicarakan hampir di seluruh dunia.

Dan pada hari Selasa (10/7) malam, rumor itu menjadi kenyataan. Juventus dan Real Madrid sama-sama mengkonfirmasi transfer Cristiano Ronaldo. Kabarnya, transfer tersebut melibatkan uang dalam jumlah yang fantastis.

Setelah kepastian bakal bergabungnya Ronaldo ke Juventus, banyak rumor yang beredar mengenai biaya yang harus dikeluarkan Bianconeri untuk mendapatkan pemain berusia 33 tahun tersebut.

Meskipun tidak ada dirilis secara resmi, Juventus disinyalir harus merogoh kocek hingga 120 juta euro untuk membawa Ronaldo dari Spanyol ke Turin, Italia. Jumlah itu diyakini adalah kesepakatan personal antara Real Madrid dengan Cristiano Ronaldo.

Di Juventus, Cristiano Ronaldo sendiri mendapatkan kontrak berdurasi empat tahun dan akan mendapatkan 30 juta euro per tahun dengan gaji sekitar 570 ribu euro per pekan.

Bergabung dengan biaya 120 juta euro, Ronaldo pun otomatis menjadi pemain termahal yang pernah dibeli dalam sejarah Juventus. Jumlah itu sekaligus mengalahkan jumlah yang dikeluarkan Juve ketika mendatangkan penyerang Gonzalo Higuain dari Napoli sebesar 90 juta euro pada musim panas 2016 lalu.

Sebagai pemain termahal, Ronaldo juga kini menjadi pemain dengan gaji terbesar di Juventus. Diyakini, Bianconeri akan memberikan gaji sebesar 570 ribu euro per pekan atau sekitar 9,6 miliar rupiah.

Bila di-breakdown lebih jauh, pundi-pundi pendapatan Ronaldo bahkan akan terus mengalir hingga hitungan detik. Berikut breakdown dari gaji Ronaldo di Juventus:
£106,180,616 (€120m) = kontrak empat tahun
£26,545,154 (€30m) = 1 tahun
£2,212,096 (€2.5m) = 1 bulan
£510,483 (€576,923) = 1 minggu
£72,925 (€82,417) = 1 hari
£3,038 (€3,434) = 1 jam
£50.64 (€57.23) = 1 menit
84p (€0.95) = 1 detik.
Dengan memiliki pendapatan 3,434 euro per jam, itu berarti superstar Portugal tersebut bisa menghasilkan 27,472 euro atau sekitar Rp 463,287,808 selama jam tidur, alias selama 8 jam. (bola.net)

Peraturan baru Menteri Pendidikan dan Kebudayaan mewajibkan SMA/SMK Negeri menerima setidaknya 20% siswa dari keluarga tak mampu yang membuat lonjakan jumlah siswa yang mengaku miskin.

Namun peraturan yang niatnya baik itu ternodai dengan banyaknya orang yang menjadi berpura-pura miskin demi mendapatkan slot di SMA/SMK negeri tujuan.

Seorang warga Semarang, Jawa Tengah, Nining Wijayanti pun mengeluhkan bagaimana anaknya menjadi tersingkir akibat tindakan orang tua lain.

"Anak kami, sebenarnya kalau dilihat dari nilainya sih lumayan baiklah untuk bisa masuk negeri. Rata-ratanya di atas delapan. Untuk negeri di atas rata-rata, saya kira juga bisa masuk," papar Nining.

"Setelah kami pantau ternyata banyak sekali mereka menggunakan SKTM (Surat Keterangan Tidak Mampu) untuk anaknya sedangkan dia mungkin bukan dari keluarga yang tidak mampu tapi dia pakai SKTM bisa masuk sedangkan nilainya sendiri rendah. Jadi persaingannya tak bagus."

Mengapa peraturan itu lahir?
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 14 Tahun 2018 tentang Penerimaan Peserta Didik Baru Pasal 19 mewajibkan SMA/SMK Negeri untuk menerima setidaknya 20% peserta didik tak mampu dari jumlah keseluruhan peserta didik yang diterima dalam zonasi yang sama.

Para pengamat pendidikan sebenarnya melihat kewajiban itu baik karena mendorong adanya kesetaraan pendidikan bagi semua siswa.

Selain itu, praktisi pendidikan Itje Chodidjah juga mengapresiasi kebijakan itu dengan alasan akan membantu siswa menjadi lebih heterogen.

"Kalau siswa itu hanya dikelompokkan dengan anak-anak yang sama-sama mampunya, mereka tidak belajar, di luar sana mereka akan bergaul dengan macam-macam orang. Dengan heterogenitas, sebenarnya secara tidak langsung, anak membiasakan diri," papar Itje.

Mengapa banyak yang tetiba menjadi "miskin"?
Peraturan itu akhirnya membuat banyak orang yang tiba-tiba mengaku menjadi "miskin", agar dengan Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM) mereka dapat masuk ke kuota 20% tersebut.

Hal ini terbukti dengan adanya lonjakan jumlah pelamar sekolah yang menggunakan SKTM.

Sebuah media nasional misalnya melaporkan lonjakan di SMAN 2 Ungaran, dari 13 orang yang menggunakan SKTM tahun lalu menjadi 80 orang tahun ini.

Dan buktinya, hingga Rabu (11/07) Dinas Pendidikan Jawa Tengah menemukan dari hampir 150.000 dokumen SKTM yang dilampirkan, hampir 80.000 tak valid.

Bagaimana langkah pemerintah?
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy meminta sekolah dan dinas pendidikan setempat untuk "lebih cermat, melakukan verifikasi semua SKTM yang masuk di sekolah dan supaya diambil tindakan-tindakan tegas jika ada pelanggaran di lapangan."

Meski begitu, Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan SMA 9 Semarang Rumisih mengatakan tak bisa jika hanya pihak sekolah yang bekerja sendiri memverifikasi SKTM yang sebenarnya dikeluarkan oleh RT/RW.

"Saran dari kami untuk pemerintah ada batasan untuk nilai-nilai minimal untuk SKTM, yang pertama. Yang kedua, RT/RW ini hendaknya lebih bijaksana, tahu betul warganya siapa yang mau diberi SKTM. Jadi tidak semua orang diberi SKTM. Saya mikir kok SKTM seperti ini, diobral cuma-cuma," tutur Rumisih.

Betatapun, praktisi pendidikan Itje Chodidjah menilai ada masalah yang lebih besar dari sekedar nihilnya verifikasi SKTM. Menurutnya, alasan mengapa siswa dan orang tua bisa sampai mengelabui sistem penerimaan adalah karena mereka ingin masuk ke sekolah favorit.

"Tetapi tidak begitu halnya ketika sekolah itu sekolah biasa-biasa saja. Tidak ada yang akan membuat keterangan palsu untuk sekolah yang tidak dianggap favorit," ujar Itje.

Untuk itu, Itje meminta agar pemerintah memastikan semua sekolah memiliki standar yang sama, dan tidak akan ada "pengkastaan" sekolah yang favorit dan biasa dan jelek.

"Pemerintah harus memberikan perhatian terhadap peningkatan kualitas guru, melengkapi seluruh sekolah di Nusantara ini dengan standar minimum yang diharapkan melalui delapan standar yang sudah ditetapkan." (bbcindonesia.com)

Page 1 of 88

About

  • Delta FM adalah sebuah stasiun radio yang merupakan bagian dari Group Masima Radio Network (MRN) perusahaan pengelola radio dari berbagai segmen pendengar beberapa diantaranya Radio Prambors dan Radio Bahana

Station

Jakarta 99.1 FM
Bandung 94.4 FM
Surabaya 100.5 FM
Makassar 99.2 FM
Manado 99.3 FM
Medan 105.8 FM
Semarang 96.1 FM
Yogyakarta 103.7 FM