Ronny Gani, salah satu animator asal Indonesia yang mengerjakan efek visual film Avengers: Infinity War, mengatakan, tantangan tersulit dari tugasnya adalah memenuhi harapan penonton.

"Untuk proyek ini tantangannya itu ekspektasi dari audience sangat tinggi terhadap proyek ini sebagai sebuah produk film," kata Ronny kepada Kompas.com dalam wawancara eksklusif di Marina Bay Sands, Singapura, baru-baru ini. Selain Ronny, ada pula Renald Taurusdi yang menjabat sebagai Creator Technical Director di Industrial Light & Magic, anak perusahaan Lucas Animation yang menggarap efek visual Avengers: Infinity War. Ronny dan Renald beserta tim harus memastikan efek visual dan animasi yang mereka kerjakan bisa tersampaikan dan sesuai harapan penonton. "Kami juga harus memastikan filmmaker puas atas apa yang kami produksi," ucap Ronny yang pernah menjadi tim animator untuk Avengers: Age of Ultron. Selain itu, lanjut Ronny, ada banyak dinamika selama mengerjakan film Infinity War arahan sutradara Joe dan Anthony Russo. Kerja kreatif yang mereka lakukan tak semulus kelihatannya. Terkadang hasil pekerjaan Ronny, Renald, dan tim diterima. Namun karya mereka tak jarang pula kurang memuaskan bagi sutradaranya. "Karena ini sangat kreatif, prosesnya enggak linear. Tapi prosesnya selalu akan organik, kadang udah diterima, dua hari kemudian di-recall lagi. Tapi itu semua punya goal satu yaitu to make the product the film to be as good as it get. Dan kami semua satu komando menuju goal itu," ucap Ronny. "Kami memberikan kontribusi terbaik untuk film ini karena memang proyek sangat besar ini mereka ingin memberikan storytelling yang terbaik. Bagaimana audience bisa enjoy, jadi prosesnya sangat dinamis," timpal Renald.

Paling menyenangkan

Kendati menggarap efek visual dan animasi itu sulit dan banyak tantangannya, Ronny dan Renald sepakat bahwa bagian paling menyenangkan adalah ketika menyaksikan film yang mereka kerjakan diterima dengan baik. "Yang paling menyenangkan saat saya melihat kerjaan saya di layar bioskop, itu rasanya puas. Saya tahu pas mengerjakan itu saya sudah memberikan yang terbaik. Jadi pada akhirnya melihat di layar bioskop itu sangat puas," ucap Renald. Apalagi ketika bisa melihat langsung reaksi penonton terhadap karya mereka. "Memang seperti imbalannya, rasa ketika melihat reaksi orang waduh rasanya seneng, puas. Berarti kerjanya bagus, berhasil kerjanya karena orang suka," ujar Renald. "Waktu pertama kali saya terlibat di proyek efek visual, saya melihat reaksi penonton di bioskop. Enggak sengaja sih, saya lagi nonton, terus saat bagian yang kerjaan saya muncul di layar, saya enggak lihat ke layar, tapi lihat ke audience," timpal Ronny. "Merhatiin ekspresi, gesture dan reaksi mereka seperti apa. Dan itu yang bikin saya sadar bahwa kerjaan saya ditonton oleh jutaan orang dan itu pengalaman yang saya rasain," sambungnya.

Ronny sebelumnya pernah mengerjakan animasi untuk film-film blockbuster Hollywood. Di antaranya, film Pacific Rim (2013), Transformers: Age Of Extinction (2014), Avengers: Age Of Ultron (2015), Warcraft (2016), The Great Wall (2017), dan Ready Player One (2018). Sama halnya dengan Ronny, Renald juga sudah berpengalaman mengerjakan film-film kenamaan. Sebut saja film Jurassic World (2015), Warcraft (2016), Teenage Mutant Ninja Turtles: Out of the Shadows (2016), Star Wars: The Last Jedi (2017), Kong: Skull Island (2017), sampai yang terbaru film Ready Player One (2018). (kompas.com)

Polisi menangkap seorang pria yang dicurigai mencuri piala Oscar milik Frances McDormand yang hilang beberapa saat setelah upacara pemberian penghargaan itu hari Minggu malam (Senin 5/3 WIB) kemarin.

Disebutkan Terry Bryant, 47 tahun, itu ditahan dan berhak mendapat pembebasan dengan uang jaminan sebesar $20.000 (Rp 270 juta).

Piala itu hilang di acara di Governor's Ball, yang merupakan acara makan malam resmi melengkapi upacara penghargaan Oscar.

LAPD mengatakan Bryant adalah pemilik tiket resmi acara itu.

Nama McDormand sudah sempat diukir pada piala berbentuk patung pria itu sebelum hilang. Dan kini piala Oscar itu telah diserahkan kembali kepada aktris pemenang pemeran perempuan terbaik itu.

Seorang perwakilan sang aktris mengatakan kepada USA Today: "Fran dan Oscar telah bersatu kembali dengan berbahagia dan kini menikmati burger In-N-Out bersama-sama".

Frances McDormand memenangkan penghargaan sebagai aktris terbaik untuk perannya di Three Billboards Outside Ebbing, sebagai seorang ibu yang menuntut balas karena dikecewakan oleh aparat setelah putrinya diperkosa dan dibunuh.

Ini merupakan Oscar kedua baginya, setelah memenangkannya 21 tahun lalu untuk peranya di film Fargo.

McDormand mendapat sambutan meriah, karena saat pidato penerimaannya dia meminta semua calon aktris terbaik untuk berdiri dan tampil.

Ia berbicara berapi-api tentang perlunya kesetaraan kesempatan yang menyeluruh di industri film. (bbcindonesia.com)

Academy Awards ke-90 alias Piala Oscar 2018 rampung dilaksanakan di Delby Theatre, Minggu (4/3) malam waktu Los Angeles. The Shape of Water menjadi pemenang utama ajang penghargaan tertinggi film dunia itu.

Film garapan Guillermo del Toro itu berhasil meraih kemenangan besar dengan memboyong empat piala, termasuk Film Terbaik dan Sutradara Terbaik.

The Shape of Water unggul satu piala dari Dunkirk yang membawa pulang tiga piala Oscar.

Sementara, Film Animasi Terbaik diberikan kepada Coco dan Film Berbahasa Asing Terbaik dimenangkan A Fantastic Woman dari Cile.

Berikut daftar lengkap pemenang Academy Awards ke-90 atau piala Oscar 2018:

Film Terbaik: The Shape of Water

Aktor Utama Terbaik: Gary Oldman, Darkest Hour

Aktris Utama Terbaik: Frances McDormand, Three Billboards Outside Ebbing, Missouri

Aktor Pendukung Terbaik: Sam Rockwell, Three Billboards Outside Ebbing, Missouri

Aktris Pendukung Terbaik: Allison Janney, I, Tonya

Film Animasi Terbaik: Coco

Sutradara Terbaik: Guillermo del Toro, The Shape of Water

Sinematografi Terbaik: Blade Runner 2049

Desain Kostum Terbaik: Phantom Thread

Tata Suara Terbaik: Dunkirk

Efek Visual Terbaik: Blade Runner 2049

Film Dokumenter Panjang Terbaik: Icarus

Film Dokumenter Pendek Terbaik: Heaven is a Traffic Jam on the 405

Film Berbahasa Asing Terbaik: A Fantastic Woman (Cile)

Tata Rias dan Tata Rambut Terbaik: Darkest Hour

Skenario Adaptasi Terbaik: Call Me By Your Name

Skenario Orisinal Terbaik: Get Out

Penyuntingan Terbaik: Dunkirk

Scoring Orisinal Terbaik: The Shape of Water

Musik Orisinal Terbaik: Remember Me, 'Coco'

Desain Produksi Terbaik: The Shape of Water

Film Animasi Pendek Terbaik: Dear Basketball

Film Live Action Pendek Terbaik: The Silent Child

Penyuntingan Suara Terbaik: Dunkirk

(cnnindonesia.com)

Academy Awards ke-90 atau Oscar 2018 semakin dekat. Selasa (24/1) pagi waktu Amerika atau pukul 20.20 WIB, nominasi penghargaan tertinggi bidang perfilman di Hollywood itu baru saja diumumkan.

Nominasi dibacakan oleh Tiffany Haddish (Girls Trip) dan Andy Serkis (Rise of the Planet of the Apes). Deretan aktres papan atas pun membantu keduanya dalam mempresentasikan para nomine, termasuk Gal Gadot, Priyanka Chopra, Rebel Wilson.

Dari seluruh nominasi yang dibacakan, daftar nomine didominasi oleh film garapan Guillermo del Toro, The Shape of Water dengan 13 nominasi. Sejumlah judul box-office lainnya menyusul, yakni Dunkirk, Darkest Hour dan Three Billboards Outside Ebbing, Missouri.

Seperti tahun lalu, pengumuman nominasi Oscar kali ini dilakukan Academy of Motion Picture Arts and Sciences (AMPAS) dengan memutar video yang bisa ditonton secara streaming.

Oscar 2018 akan digelar di Dolby Theater Hollywood, Los Angeles pada Minggu (4/3) malam waktu setempat. Komedian Jimmy Kimmel akan menjadi pemandu acaranya.

Berikut daftar lengkap nomine Oscar 2018:

Film Terbaik

Call Me By Your Name
Darkest Hour
Dunkirk
Get Out
Lady Bird
Phantom Thread
The Post
The Shape of Water
Three Billboards Outside Ebbing, Missouri

Aktor Utama Terbaik

Timothee Chalamet, Call Me By Your Name
Daniel Day-Lewis, Phantom Thread
Daniel Kaluuya, Get Out
Gary Oldman, Darkest Hour
Denzel Washington, Roman J. Israel, Esq.

Aktor Pendukung Terbaik

Willem Dafoe, The Florida Project
Woody Harrelson, Three Billboards Outside Ebbing, Missouri
Richard Jenkins, The Shape of Water
Christopher Plummer, All the Money in the World
Sam Rockwell, Three Billboards Outside Ebbing, Missouri

Aktris Utama Terbaik

Sally Hawkins, The Shape of Water
Frances McDormand, Three Billboards Outside Ebbing, Missouri
Margot Robbie, I, Tonya
Saoirse Ronan, Lady Bird
Meryl Streep, The Post

Aktris Pendukung Terbaik

Mary J. Blige, Mudbound
Allison Janney, I, Tonya
Lesley Manville, Phanton Thread
Laurie Metcalf, Lady Bird
Octavia Spencer, The Shape of Water

Film Animasi Terbaik

The Boss Baby
The Bread Winner
Coco
Ferdinand
Loving Vincent

Sutradara Terbaik

Christopher Nolan, Dunkirk
Jordan Peel, Get Out
Greta Gerwig, Lady Bird
Paul Thomas Anderson, Phantom Thread
Guillermo del Toro, The Shape of Water

Sinematografi Terbaik

Blade Runner 2049
Darkest Hour
Dunkirk
Mudbound
The Shape of Water

Desain Kostum Terbaik

Beauty and the Beast
Darkest Hour
Phantom Thread
The Shape of Water
Victoria & Abdul

Tata Lagu Terbaik

Baby Driver
Blade Runner 2049
Dunkirk
The Shape of Water
Star Wars: The Last Jedi

Efek Visual Terbaik

Blade Runner 2049
Guardians of the Galaxy: Volume 2
Kong: Skull Island
Star Wars: The Last Jedi
War for the Planet of the Apes

Film Dokumenter Panjang Terbaik

Abacus: Small Enough to Jail
Faces/Places
Icarus
Last Man in Aleppo
Strong Island

Film Dokumenter Pendek Terbaik

Edith + Edie
Heaven is a Traffic Jam on the 405
Heroin(e)
Knife Skills
Traffic Stop

Film Berbahasa Asing Terbaik

A Fantastic Woman (Chile)
The Insult (Libanon)
Loveless (Rusia)
On Body and Soul (Hungaria)
The Square (Swedia)

Tata Rias dan Tata Rambut Terbaik

Darkest Hour
Victoria & Abdul
Wonder

Skenario Adaptasi Terbaik

Call Me By Your Name
The Disaster Artist
Logan
Molly’s Game
Mudbound

Skenario Orisinal Terbaik

The Big Sick
Get Out
Lady Bird
The Shape of Water
Three Billboards Outside Ebbing, Missouri

Penyuntingan Terbaik

Baby Driver
Dunkirk
I, Tonya
The Shape of Water
Three Billboards Outside Ebbing, Missouri

Scoring Orisinal Terbaik

Dunkirk
Phantom Thread
The Shape of Water
Star Wars: The Last Jedi
Three Billboards Outside Ebbing, Missouri

Musik Orisinal Terbaik

Mighty River, Mudbound
Mystery of Love, Call Me By Your Name
Remember Me, Coco
Stand Up for Something, Marshall
This Is Me, The Greatest Showman

Desain Produksi Terbaik

Beauty and The Beast
Blade Runner 2014
Darkest Hour
Dunkirk
The Shape of Water

Film Animasi Pendek Terbaik

Dear Basketball
Garden Party
Lou
Negative Space
Revolting Rhymes

Film Live Action Pendek Terbaik

DeKalb Elementary
The Eleven O'Clock
My Nephew Emmett
The Silent Child
Watu Wote/All of Us

Penyuntingan Suara Terbaik

Baby Driver
Blade Runner 2049
Dunkirk
The Shape of Water
Star Wars: The Last Jedi

(cnnindonesia.com)

 

Page 1 of 5

About

  • Delta FM adalah sebuah stasiun radio yang merupakan bagian dari Group Masima Radio Network (MRN) perusahaan pengelola radio dari berbagai segmen pendengar beberapa diantaranya Radio Prambors dan Radio Bahana

Station

Jakarta 99.1 FM
Bandung 94.4 FM
Surabaya 100.5 FM
Makassar 99.2 FM
Manado 99.3 FM
Medan 105.8 FM
Semarang 96.1 FM
Yogyakarta 103.7 FM