Rate this item
(0 votes)
in News

Sumur minyak ilegal di Aceh Timur terbakar, setidaknya 10 orang tewas

By Published April 25, 2018

Setidaknya 10 orang meninggal dunia, puluhan orang lainnya mengalami luka bakar ketika sumur minyak ilegal di Ranto Peureulak, Aceh Timur, terbakar pada Rabu (25/04) dini hari.

"Hasil koordinasi kami dengan camat, korban meninggal dunia sepuluh orang, luka-luka masih didata," demikian keterangan yang dikeluarkan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BDPB) Aceh Timur pada Selasa pagi.

Keterangan yang dikeluarkan oleh BPBD menyebutkan api diduga 'berasal dari percikan api pada saat seorang pekerja melakukan pengelasan pipa yang akan dimasukkan ke dalam sumur'.

Badan Penanggulangan Bencana Provinsi Aceh mengatakan satu sumur yang dibor secara tradisional mengeluarkan minyak dan gas dan di saat yang bersamaan datang sekelompok warga untuk mengambil minyak yang keluar.

Dikatakan kelompok orang yang sedang mencari minyak mentah tersebut berjumlah lebih dari 10 orang.

Warga datang ke lokasi untuk mengambil tumpahan minyak yang tidak tertampung.

Kapolres Aceh Timur, AKBP Wahyu Kuncoro, mengatakan sampai saat ini api masih belum dapat dipadamkan dan pihaknya masih melakukan upaya agar api agar tidak melebar ke sumur bor yang lain.

"Hampir setiap rumah warga memiliki sumur bor dibelakang rumah, jaraknya sekitar 30 meter," kata Kapolres Aceh Timur, AKBP Wahyu Kuncoro, seperti dilaporkan wartawan di Aceh, Hidayatullah.

Wahyu Kuncoro menambahkan sumur bor ilegal yang meledak tersebut memiliki kedalaman sekitar 250 meter dan menyemburkan minyak yang berlebihan karena volume minyak yang begitu banyak.

Ia mengatakan pihaknya masih melakukan sterilisasi sekitar sumur yang meledak, agar tidak merambat ke puluhan sumur bor lainnya.

Bupati Aceh Timur, Hasballah, mengatakan sejauh ini sudah empat kali terjadi ledakan di wilayah yang sama.

Ledakan sumur bor ilegal terjadi sejak sekitar pukul 01.00 WIB. Puluhan warga yang mengalami terluka dan yang telah meninggal dunia dibawa kerumah Sakit Abdul Azis Perlak dan Rumah Sakit Jubir Mahmud, Idi Kabupaten Aceh Timur.

Bupati Aceh Timur dalam wawancara dengan TVOne mengatakan bahwa sumur minyak ilegal berada tengah di permukiman warga.

"Warga tak tahu teknis pengeboran (yang aman) ... limbah (minyak) bertebaran," kata Hasballah.

Di Aceh Timur terdapat sejumlah sumur minyak yang merupakan bekas pengeboran di zaman Belanda.

Seorang pejabat setempat kepada TVOne mengatakan sumur yang terbakar adalah 'sumur baru'. (bbcindonesia.com)

Read 333 times

About

  • Delta FM adalah sebuah stasiun radio yang merupakan bagian dari Group Masima Radio Network (MRN) perusahaan pengelola radio dari berbagai segmen pendengar beberapa diantaranya Radio Prambors dan Radio Bahana

Station

Jakarta 99.1 FM
Bandung 94.4 FM
Surabaya 100.5 FM
Makassar 99.2 FM
Manado 99.3 FM
Medan 105.8 FM
Semarang 96.1 FM
Yogyakarta 103.7 FM