Rate this item
(0 votes)
in News

Kurangi Pemudik Motor, Kemenhub Siapkan 300 Ribu Tiket Gratis

By Published April 30, 2018

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan pemerintah menyediakan hampir 300 ribu tiket mudik gratis untuk lebaran tahun ini. Tiket tersebut diperuntukkan bagi pemudik yang berencana menggunakan sepeda motor untuk pulang kampung.

"Kami sediakan mudik gratis pakai bus, kereta api, dan kapal untuk tahun ini. Jumlahnya mendekati 300 ribu tiket. Ini bertambah dari tahun lalu dan diharapkan para pemudik bisa memanfaatkan fasilitas ini," kata Budi saat meninjau proyek light rail transit (LRT) Lintas 2 Cawang-Dukuh Atas di kawasan Pancoran, Jakarta, Minggu (29/4).

Tiket gratis ini disediakan demi mengurangi pengendara yang menggunakan motor saat mudik lebaran.

Berdasarkan data Kemenhub, 70 persen kecelakaan yang terjadi saat arus mudik tahun lalu terjadi pada pengendara motor. Karena itu, ia menganggap motor bukan alat transportasi yang aman untuk dipakai berpergian jauh lintas kota bahkan provinsi.

"Saya minta dengan kerendahan hati agar warga jangan gunakan motor saat lebaran. Bahaya. Maka kami sediakan tiket mudik gratis pakai bus kereta, dan kapal. Manfaatkan lah ini," kata Budi.

Selain alat transportasi, Budi juga memastikan bahwa infrastruktur lalu lintas juga terus dimaksimalkan menjelang perayaan lebaran yang berlangsung sekitar pertengahan Juni.

Budi menargetkan perbaikan jalan tol hingga jalan nasional lintas kota bisa rampung sehingga pemudik bisa memiliki lebih banyak jalur alternatif guna mengurai kemacetan.

"Kami harapkan mudik saat ini juga tidak hanya pakai jalan tol, tapi juga jalan non-tol dan jalan-jalan nasionalnya juga bagus. Termasuk jalur utara dan selatan juga bagus," ujar Budi.

Jalur-jalur non-tol tersebut, papar Budi termasuk jalan-jalan Jakarta menuju Kota Cirebon, Semarang, Yogyakarta, Solo, hingga Surabaya. (cnnindonesia.com)

Read 167 times

About

  • Delta FM adalah sebuah stasiun radio yang merupakan bagian dari Group Masima Radio Network (MRN) perusahaan pengelola radio dari berbagai segmen pendengar beberapa diantaranya Radio Prambors dan Radio Bahana

Station

Jakarta 99.1 FM
Bandung 94.4 FM
Surabaya 100.5 FM
Makassar 99.2 FM
Manado 99.3 FM
Medan 105.8 FM
Semarang 96.1 FM
Yogyakarta 103.7 FM