Rate this item
(0 votes)
in News

China Akan Bangun Jalur Kereta dari Tibet ke Nepal

By Published June 22, 2018

China akan membangun jalur kereta yang akan menghubungkan wilayah barat Tibet dengan Nepal.

Diberitakan China Daily pada Jumat (22/6), pembangunan ini merupakan salah satu dari kesepakatan bilateral yang ditandatangani oleh China dan Nepal ketika Perdana Menteri Nepal Khadga Prasad Sharma Oli berkunjung ke Beijing.

Jalur kereta itu akan mengular dari Kota Xigaze, Tibet, ke Ibu Kota Nepal, Kathmandu.

Selain pembangunan jalur kereta, kedua negara juga menandatangani lebih dari 10 kesepakatan lain di bidang teknologi, transportasi, infrastruktur dan kerja sama politik.


China juga ingin bekerja sama dengan Nepal untuk membangun "jaringan konektivitas antar-Himalaya" lewat penerbangan, jalan tol dan telekomunikasi, seperti dikutip China Daily dari Perdana Menteri China Li Keqiang.

Sementara itu, dalam wawancara dengan tabloid China Global Times, Oli mengatakan "konektivitas antarperbatasan" merupakan prioritas utama bagi Nepal. Ia juga menyerukan agar kedua negara bekerja sama mengembangkan Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA).

Sebelumnya, Nepal sudah membatalkan kerja sama senilai US$2,5 miliar dengan perusahaan China Gezhouba Group untuk membangun PLTA di barat Nepal.

Kesepakatan kedua negara untuk membangun PLTA di West Seti dengan China Three Gorges Project Corporationsenilai US$1,6 miliar juga mangkrak. (CNN Indonesia)

Read 76 times

About

  • Delta FM adalah sebuah stasiun radio yang merupakan bagian dari Group Masima Radio Network (MRN) perusahaan pengelola radio dari berbagai segmen pendengar beberapa diantaranya Radio Prambors dan Radio Bahana

Station

Jakarta 99.1 FM
Bandung 94.4 FM
Surabaya 100.5 FM
Makassar 99.2 FM
Manado 99.3 FM
Medan 105.8 FM
Semarang 96.1 FM
Yogyakarta 103.7 FM