Rate this item
(0 votes)
in News

Gunung Agung kembali meletus, lava pijar menyembur, bandara Denpasar ditutup

By Published June 29, 2018

Gunung Agung kembali memuntahkan abu vulkanik Kamis (28/6/) malam, kali ini dibarengi dengan keluarnya lava pijar di permukaan kawah gunung.

Kasubdit Mitigasi Bencana Geologi Wilayah Timur Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi Kementerian ESDM Devy Kamil Syahbana menjelaskan bahwa saat ini lava telah membanjiri kawah Gunung Agung dalam radius 100 meter dari bibir kawah.

"Sekarang starting point-nya di kedalaman kawah 100 meter," katanya. Yang dimaksud adalah titik awal letusan.

"Tahun lalu titik awal letusannya di kedalaman kawah 200 meter. Jadi kalau tampak lebih terang mungkin karena dia lebih tinggi posisinya dari tahun lalu," katanya seperti dilaporkan Raiza Andini, seorang wartawan di Bali.

Secara visual, memang letusan itu tampak dari kejauhan.

"Petugas juga menangkap adanya sinar api di atas puncak kawah dan hingga kini masih terjadi" tambah Devy Kamil Syahbana pula.

Ia menyebut juga tentang kondisi kegempaan Gunung Agung: "saat ini tengah berlangsung tremor menerus dengan model microtremor dengan amplitudo 10-15 milimeter."

Ditegaskannya, masyarakat harus waspada dan menghindari zona bahaya, sekitar 4 km dari kawah gunung dengan tinggi 3142 meter di atas permukaan laut itu.

Asap dan debu yang membumbung, dicemaskan berpengaruh pada keamanan penerbangan. Akibatnya Bandar Udara Internasional Ngurah Rai Denpasar, ditutup.

Ribuan penumpang terperangkap di Bandara, karena seluruh penerbangan ditunda.

Penerbangan-penerangan menuju Bali dari berbagai wilayah pun ditunda pula.

Gunung Agung sempat sangat aktif tahun lalu selama beberapa waktu lalu, menimbulkan kcemasan akan terjadinya letusan besar. Namun kemudian letusan-letusan mereda. Kendati terjadi letusan-letusa kecil dari waktu ke waktu. (BBC Indonesia)

Read 90 times

About

  • Delta FM adalah sebuah stasiun radio yang merupakan bagian dari Group Masima Radio Network (MRN) perusahaan pengelola radio dari berbagai segmen pendengar beberapa diantaranya Radio Prambors dan Radio Bahana

Station

Jakarta 99.1 FM
Bandung 94.4 FM
Surabaya 100.5 FM
Makassar 99.2 FM
Manado 99.3 FM
Medan 105.8 FM
Semarang 96.1 FM
Yogyakarta 103.7 FM