Rate this item
(0 votes)
in News

Tiket Asian Games: Mahal-murah versi siapa?

By Published July 13, 2018

Sejumlah pihak menganggap harga tiket Asian Games 2018 tak terjangkau, namun panitia menilai nominal yang mereka tetapkan justru lebih rendah dibandingkan harga karcis pada ajang sebelumnya.

Kritik soal tiket diutarakan pejabat negara hingga figur politik. Harga tiket tertinggi berlaku pada seremoni pembukaan Asian Games, sebesar Rp5 juta.

Sementara harga tiket paling rendah ditetapkan untuk sejumlah cabang olahraga seperti hoki dan tenis, sebesar Rp100 ribu.

Ketua Indonesia Asian Games Organising Committee (INASGOC), Erick Thohir, tak ingin terjebak dalam pro-kontra harga tiket yang dianggapnya politis.

Erick berkata, panitia penyelenggara menetapkan harga tiket berdasarkan standar Olympic Council of Asia dan survei pasar yang dilakukan Kantar TNS, perusahaan riset berbasis di London, Inggris.

"Seiring rupiah yang melemah saat ini, saya rasa ini adalah harga tiket termurah untuk seremoni pembukaan Asian Games yang pernah ada," kata Erick di Jakarta, Kamis (12/07).

Dalam risetnya, Kantar menggunakan parameter sensitivitas harga untuk mengukur harga karcis Asian Games yang diharapkan publik.

Merujuk hasil kajian mereka, Kantar menyebut masyarakat Jakarta bersedia membayar tiket yang lebih mahal dibandingkan warga Palembang.

Secara umum, Kantar menyimpulkan publik berkenan membayar tiket dengan harga tinggi untuk menyaksikan atlet Indonesia dan babak final kompetisi.

Cabang olahraga favorit dan atlet Indonesia pada babak penentuan medali juga disebut sebagai faktor yang mendorong publik mau membayar tiket mahal.

Dalam dokumen Kantar, rata-rata harga tiket untuk kelas tribun yang diharapkan masyarakat adalah Rp300 ribu, sedangkan kelas VIP mencapai Rp1,8 juta.

"Kami membandingkan harga dengan banyak acara internasional di Indonesia, seperti konser musik. Jika dibandingkan, tiket kami juga setara dengan Indonesia Open," kata Erick.

Erick mengklaim 25% tiket pembukaan Asian Games di Stadion Gelora Bung Karno, Jakarta, telah terjual. Ia yakin 40 ribu karcis yang tersedia akan ludes.

Berdasarkan laporan The Korea Times, penjualan tiket merupakan salah satu persoalan yang muncul pada Asian Games tahun 2014 di Incheon, Korea Selatan.

Panitia penyelenggara kala itu disebut keliru mengelola penjualan tiket sehingga stadion kerap sepi meski laga Asian Games berlangsung.

Erick tak memungkiri kemungkinan banyaknya bangku kosong pada sejumlah pertandingan Asian Games nanti. INASGOC membuat empat kategori antusiasme penonton, dari sangat tinggi hingga rendah.

Upacara pembukaan dan penutupan masuk kategori sangat tinggi, walau harga karcis dua seremoni itu tertinggi dibandingkan pertandingan lain.

Adapun, renang, bulutangkis, sepak bola, basket, voli, baseball, dan softball masuk kelompok cabang olahraga dengan antusias penonton tinggi.

Di tingkat sedang terdapat tinju, karate, tenis, hingga wushu. Sementara panahan, atletik hingga sepak bola perempuan dinilai akan sepi penonton.

Untuk olahraga tak populer itu, Erick menyebut INASGOC akan mengerahkan pelajar untuk mengisi deretan bangku penonton.

Kritik terhadap harga tiket Asian Games sebelumnya diutarakan Pemprov DKI Jakarta, petinggi Komisi X DPR, dan pimpinan MPR.

Kementerian Pemuda dan Olahraga juga mendorong INASGOC memaparkan alasan di balik harga karcis itu.

Tiket Asian Games dapat dibeli secara daring di Kiostix. Perusahaan itu dinyatakan sebagai pemenang lelang yang diikuti 20 korporasi penjualan karcis.

Erick Thohir menyebut publik dapat mengakses tiket dengan harga terjangkau melalui rekanan INASGOC, baik bank maupun perusahaan telekomunikasi.

Asian Games 2018 akan dibuka 18 Agustus mendatang dan ditutup pada 2 September. Ajang ini melibatkan 11.280 atlet dari 45 negara Asia--jumlah yang diklaim 20% lebih banyak daripada ajang sebelumnya.

Pemprov DKI menargetkan seluruh persiapan sarana-prasarana Asian Games di Jakarta akan tuntas pada 22 Juli.

Polri bakal menerjunkan sekitar 100 ribu polisi untuk mengamankan ajang empat tahunan tersebut. Satu polisi setidaknya akan berada di dalam setiap bus rombongan atlet dari dan menuju stadion.

Bappenas memprediksi Asian Games akan menggenjot perputaran uang sebesar Rp3,6 triliun, sebanyak 71% di antaranya beredar di Jakarta.

Sebesar 88% dari total uang itu muncul dari penonton dan turis. Sektor perhotelan diyakini akan mendapatkan porahsi terbesar, Rp1,3 triliun. (BBC Indonesia)

Read 149 times

About

  • Delta FM adalah sebuah stasiun radio yang merupakan bagian dari Group Masima Radio Network (MRN) perusahaan pengelola radio dari berbagai segmen pendengar beberapa diantaranya Radio Prambors dan Radio Bahana

Station

Jakarta 99.1 FM
Bandung 94.4 FM
Surabaya 100.5 FM
Makassar 99.2 FM
Manado 99.3 FM
Medan 105.8 FM
Semarang 96.1 FM
Yogyakarta 103.7 FM