Rate this item
(0 votes)
in News

Gaet Pengusaha Italia, KBRI Roma Gelar "Investment Day" di Milan

By Published October 27, 2016

MILAN - Sekitar 75 pengusaha dari Italia menjajaki prospek investasi di Indonesia dalam acara Indonesia Investment Day II tanggal 26 Oktober 2016 di Milan, Italia.

 

 

Sektor infrastruktur, energi, manufaktur, dan kemaritiman, menjadi sektor bisnis utama yang dipromosikan dalam kegiatan ini.

Dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Kamis pagi, disebutkan, acara ini merupakan kerja sama Kedutaan Besar RI di Roma dengan Badan Koordinasi Penanaman Modal, dan Kementerian Koordinasi Bidang Kemaritiman RI.

Duta Besar RI untuk Italia, August Parengkuan dalam sambutannya menyebut, acara tahunan ini merupakan bagian dari upaya mempromosikan Indonesia di Italia. 

Dia mengatakan, kegiatan ini secara khusus ditujukan sebagai ajang sosialisasi kebijakan ekonomi terbaru Pemerintah Indonesia.

Kebijakan tersebut berguna untuk memberikan berbagai kemudahan dan keuntungan bagi perusahaan asing yang berinvestasi di Indonesia.

Vincenzo Cali, manajer Italia Trade Agency di Milan yang bertindak sebagai moderator membuka sesi presentasi dengan menekankan potensi ekonomi Indonesia yang dapat dimanfaatkan oleh kalangan bisnis Italia.

Disebutkan, kalangan bisnis Italia dan Indonesia dapat bekerja sama secara saling menguntungkan dalam berbagai proyek pembangunan infrastruktur di Indonesia.

Sementara itu, Wakil Kepala BKPM bidang Promosi Investasi, Himawan Hariyoga menyosialisasikan paket kebijakan terkini Pemerintah Indonesia tersebut.

Dijelaskan pula komitmen Presiden RI untuk memperbaiki iklim investasi Indonesia dengan jalan memperpendek prosedur dan waktu penerbitan izin usaha di Indonesia.

Selain mendapat dukungan penuh dari Pemerintah, Indonesia Investment Day II juga disambut baik kalangan BUMN Indonesia yang mengirimkan perwakilannya.

Mereka bertugas memperkenalkan profil perusahaan mereka di hadapan para pengusaha Italia.

BUMN yang turut berpartisipasi antara lain, Pertamina (sektor energi), Pelindo III (sektor infrastruktur) dan Bank BNI (sektor perbankan).

Serangkaian kegiatan acara tersebut diakhiri one-on- one business meeting antara pengusaha Italia dengan pihak Pemerintah dan BUMN Indonesia.

Kegiatan Indonesia Investment Day II ini turut didukung Kementerian Luar Negeri Italia, Asosiasi Industri Italia (Confindustria) baik di Roma, Milan maupun Bologna, serta Italian Trade Agency.

Saat ini, tercatat, ada 82 perusahaan Italia yang berkembang di Indonesia.

Dalam dua tahun terakhir terjadi peningkatan arus investasi Italia yang cukup signifikan ke Indonesia yaitu dari 63 juta Dollar AS pada tahun 2014 menjadi 104 juta Dollar AS di tahun 2015. (kompas.com)

Read 528 times

About

  • Delta FM adalah sebuah stasiun radio yang merupakan bagian dari Group Masima Radio Network (MRN) perusahaan pengelola radio dari berbagai segmen pendengar beberapa diantaranya Radio Prambors dan Radio Bahana

Station

Jakarta 99.1 FM
Bandung 94.4 FM
Surabaya 100.5 FM
Makassar 99.2 FM
Manado 99.3 FM
Medan 105.8 FM
Semarang 96.1 FM
Yogyakarta 103.7 FM