Olahraga adalah kebutuhan. Jika kita tidak memenuhi kebutuhan ini, tubuh yang akan memintanya sendiri. Tubuh akan memberikan berbagai macam tanda agar kita segera bergerak. Apa saja tanda kurang olahraga yang diberikan tubuh? Ini ulasannya.
1. Selalu lelah

Jika kamu merasa lelah sepanjang waktu, meski sudah makan dan tidur yang cukup, mungkin yang kamu butuhkan adalah olahraga. Merasa selalu lelah kok malah butuh olahraga? Apa tidak salah? Tenang dulu. Sebuah penelitian dari University of Georgia menunjukan bahwa hanya berjalan 20 menit dan latihan aerobik intensitas sedang sebanyak 3 kali seminggu dengan rutin bisa meningkatkan energi hingga 20 persen. Para peneliti mengatakan, temuan ini menunjukan bahwa olahraga yang teratur akan berpengaruh langsung pada sistem saraf pusat untuk memerangi kelelahan bahkan bisa sebanyak 65 persen Olahraga yang teratur meningkatkan fungsi sistem kardiovaskular, yang memungkinkan kita memiliki daya tahan lebih besar sepanjang hari. Ketika kita lebih mudah melakukan aktivitas sehari-hari, kita akan memiliki sisa energi lebih banyak dan tidak mudah merasa lelah. Ternyata, semakin sering berolahraga membuat mitokondria (bagian yang memproduksi energi dalam sel) semakin banyak. Ini artinya, tubuh akan memiliki cadangan energi yang kian banyak juga, sehingga tak cepat lelah.

2. Badan terasa pegal-pegal

Pernahkah kamu merasa saat bangun di pagi hari, tiba-tiba punggung belakang, lutut, atau bahu terasa sakit? Padahal tidak habis melakukan aktivitas yang berat. Nah jika ya, ini juga bisa jadi tanda kurang olahraga. Terkadang rasa pegal-pegal ini membuat orang menunda untuk berolahraga. Padahal sebaliknya, ketika ini terjadi tubuh memberikan sinyal untuk digerakkan. Dengan menggerakan otot-otot, persendian akan rileks dan darah mengalir lebih lancar ke seluruh bagian tubuh, sehingga akan mengurangi rasa sakit. Bahkan orang yang memiliki rasa pegal dan sakit jangka panjang seperti rheumatoid arthritis, bisa meringankan gejala yang dirasakan jika melakukan olahraga teratur.

3. Merasa stres yang bertubi-tubi

Apakah akhir-akhir ini kamu merasa selalu stres? Memikirkan banyak hal, cemas, takut terhadap hal ini atau hal itu? Hati-hati ini juga bisa jadi tanda tubuh sangat butuh olahraga. Dengan berolahraga kita akan merasa lebih tenang dan senang. Olahraga meningkatkan kadar endorfin di dalam tubuh. Endorfin adalah hormon alami yang akan memberikan efek rasa senang dan tenang. Jadi, setelah olahraga suasana hati akan jauh lebih baik karena adanya hormon tersebut.

4. Tak pernah merasa kenyang

Mungkin kamu mengira dengan tidak berolahraga tubuh akan mengirit energi agar tidak mudah lapar? Justru sebaliknya, ketika kamu merasa terus lapar, ini bisa jadi tanda kurang olahraga. Jadi, ketika kurang olahraga tubuh akan merasa lelah. Nah, tubuh yang lelah sebenarnya bisa menghasilkan lebih banyak hormon ghrelin (hormon yang mengatur sensor lapar). Banyaknya hormon ini menyebabkan kita ingin makan lebih banyak sepanjang hari. Olahraga adalah penekan nafsu makan yang baik. Orang yang berolahraga secara teratur akan bisa mengendalikan hormon tersebut lebih baik, sehingga perasaan lapar tetap terjaga.

5. Konstipasi atau sembelit

Kamu sering mengalami sembelit atau konstipasi? Bisa jadi ini tanda kurang berolahraga, bukan hanya kurang makan makanan berserat saja. Olahraga membantu melancarkan gerakan sistem pencernaan. Ketika seseorang kurang olahraga, proses pencernaan tubuhnya juga akan ikut melambat. Apalagi orang yang memiliki banyak lemak viseral (lemak abdominal atau lemak perut) dan mengalami buang air besar yang tidak teratur, risiko terkena kanker kolorektal akan semakin meningkat.

6. Berat badan makin naik

Apakah berat badanmu semakin meningkat di atas timbangan? Atau ketika melihat cermin kamu merasa ada perubahan fisik? Nah, ini juga bisa jadi tanda kurang berolahraga. Bahkan atlet profesional yang berhenti latihan selama 5 minggu saja bisa mengalami peningkatan persen lemak dalam tubuhnya sebanyak 12 persen. Alhasil peningkatan lemak ini juga meningkatkan berat badan dan lingkar pinggang, dilansir dalam Journal of Strength and Conditioning Research tahun 2012. Hal lain juga ditunjukan oleh penelitian dalam PLOS one tahun 2016 yang melibatkan atlet taekwondo. Atlet yang tidak melakukan latihan selama 8 minggu juga mengalami peningkatan lemak tubuh sebanyak 21,3 persen, peningkatan berat badan 2,12 persen, dan bahkan mengalami penurunan massa otot. Nah, apalagi jika sudah lebih dari 8 minggu tidak pernah berolahraga. Dengan perilaku makan yang sama atau bahkan semakin banyak, aktivitas fisik yang semakin berkurang, tidak heran tubuh akan menumpuk kalori dari makanan dan meningkatkan berat badan. Ini wajar, ketika tubuh tidak berusaha membakar kalori yang masuk, alhasil semua menumpuk.

7. Kesulitan tidur

Jika kamu merasa sulit tidur khususnya pada malam hari, ini bisa jadi sebuah tanda perlu berolahraga. Dilansir dalam laman WebMD, sebuah penelitian menunjukan bahwa orang yang melakukan olahraga 30-40 menit 4 kali dalam seminggu mengalami peningkatkan kualitas tidur, rasa kantuk di siang hari berkurang, dan merasa lebih nyaman keesokan harinya saat beraktivitas. Olahraga dapat meningkatkan suasana hati dan mengurangi stres. Ini akan memperkuat ritme sirkadian, yakni proses biologis tubuh yang bisa menentukan siklus tidur seseorang. Olahraga membuat orang bisa membawa kantuknya pada malam hari secara penuh, dan kembali segar di keesokan harinya. (KOMPAS.com)

Grup musik KotaK akan menjadi penampil pembuka untuk konser band Paramore yang digelar pada 25 Agustus 2018 mendatang. Hal itu diungkapkan oleh vokalis KotaK, Tantri Syalindri Ichlasari, dengan unggahan sebuah poster Paramore pada akun Instagram-nya, @tantrisyalindri, yang dikutip Kompas.com, Senin (13/8/2018). "Ini yang dibilang mimpi jadi kenyataan. Band favorit AING!! 1 PANGGUNG BARENG. Hadiah ulang tahun terindah ini sih. Fix gabisa tdr," tulis Tantri.

Nantinya, Tantri bersama dua rekannya Swasti Sabdastantri alias Chua (bas) dan Mario Marcella Handika Putra alias Cella (gitar) akan menghentak panggung Indonesia Convention Exhibition (ICE), BSD City, Tangerang. Sebagai informasi, konser bertajuk "Paramore Tour Four" pada 25 Agustus 2018 ini merupakan jadwal ulang dari konser yang seharusnya digelar 16 Februari 2018 lalu. Konser itu ditunda lantaran kondisi kesehatan sang vokalis, Hayley Williams menurun beberapa jam sebelum konser dimulai. (KOMPAS.com)

Harapan Jordan Clarkson tampil di Asian Games 2018 dipastikan musnah. Sebab pebasket Cleveland Cavaliers itu dilarang tampil untuk timnas Filipina oleh NBA.

Mantan pemain Los Angeles Lakers ini memang memiliki darah Filipina dari neneknya. Meski begitu, dia belum sekalipun tampil membela Filipina dan berniat untuk menjalani debut timnas pada Asian Games ini.

Sebelumnya, Clarkson sebenarnya sudah mendapat izin dari Cavaliers maupun Olympic Council of Asia untuk bermain bersama Filipina di ajang ini.

Namun, NBA menolak hal tersebut menilik dari kesepakatan FIBA yang menetapkan bahwa para pemain di NBA hanya bisa berpartisipasi pada Olimpiade, Piala Dunia FIBA, dan kompetisi Piala Kontinental.

"Kesepakatan NBA dengan FIBA adalah mengizinkan para pemain NBA berpartisipasi di Olimpiade, kejuaraan dunia FIBA, kejuaraan kontinental, dan kualifikasi turnamen di setiap asosiasi," ujar juru bicara NBA, Tim Frank, seperti dikutip NBS.

"Karena Asian Games bukan salah satu dari kompetisi itu, maka pemain NBA tidak bisa berpartisipasi. Berdasarkan kesepakatan NBA dengan FIBA, Jordan baru diperbolehkan membela Filipina di kompetisi yang sudah disepakati."

Wajar saja Clarkson mengungkapkan kekecewaannya akan hal itu. Ia mengunggah foto jersey Filipina miliknya yang siap dipakai untuk Asian Games 2018 sambil menulis curhatannya.

"Untuk saudara-saudaraku di Filipina, aku benar-benar kecewa karena tidak diperbolehkan bermain di Asian Games bersama timnas (Filipina). Terlepas dari aku tak ada di sana, aku tetap akan bersama rekan-rekan (Filipina) dalam hati dan semangat," ungkapnya pada akun Facebook.

"Meskipun demikian, hasrat dan ambisiku untuk bermain dengan rekan-rekan senegara masih tetap ada. Aku punya keyakinan bahwa mimpi ini harus segera menjadi kenyataan," lanjut dia.

Banyak fans yang kecewa dengan keputusan NBA ini. Pasalnya, dua pemain China di NBA, Zhou Qi (Houston Rockets) dan Ding Yanyunhang (Dallas Mavericks) bisa tampil di Asian Games 2018. (DETIK.com)

Kerajaan Ubur-ubur yang didirikan pasangan suami-Istri Rudi Chairul anwar dan Aisyah di Kota Serang menjadi sorotan masyarakat. Rudi dan Aisyah dinilai MUI Kota Serang sesat, karena mengajarkan ajaran-ajaran menyimpang.

Aisyah yang mengaku utusan Ratu Kidul itu mendirikan kerajaan yang diberi nama kerajaan ubur-ubur yang berpusat di kediaman mereka di Sayabulu Tower, Kelurahan Serang, Kecamatan Serang, Kota Serang.

Salah satu ajaran yang dianggap menyimpang adalah mengakui Nabi Muhammad berjenis kelamin wanita.


Ketua RT Sayabulu Surya Miharda mengatakan kebanyakan pengikut kerajaan Ubur-ubur berasal dari luar Serang. Bahkan, kata dia, pengikutnya, tak sampai 10 orang.

"Pengikutnya berjumlah delapan orang. Memang pengikutnya bukan orang Serang. Tapi orang Jawa Timur, Jawa Tengah," kata Surya Miharda, ketua RT setempat, Selasa (14/8).

Surya mengaku kerap mendapat laporan dari warga tentang aktivitas di rumah Rudi dan Aisyah.

"Saya mendapatkan keluhan dari warga sini, terkait adanya aktivitas keagamaan dari sekelompok orang," katanya.

Sementara itu, warga mengatakan Rudi dan Aisyah bersama pengikutnya tidak pernah bersosialisasi dan salat berjamaah.

"Enggak nyambung diajak ngobrolnya. Baru dua tahun di sini, orang Sumedang kalau enggak salah. Setiap malam Jumat kumpul banyak orang," kata Sarbini, seorang warga.

Setiap hari, kata Sarbini, Rudi bersama pengikutnya berkumpul hingga pukul 04.00 subuh.

Namun, sebagian warga mengenal Rudi dan Aisyah sebagai paranormal.

"Itu yang punya rumah juga kalau ditanya kenapa enggak pernah ke musola, jawabannya enggak melihat (tuna netra), padahal banyak orang tuna netra yang salat," ujarnya.

Kerajaan tersebut juga memiliki struktur organisasi. Dalam sebuah papan terlihat bagan kerajaan ubur-ubur.

Dalam bagan itu tertulis berbagai jabatan, mulai dari Ketua penerima tamu kerajaan, Ketua Keluarga Kerajaan, Ketua pengembangan program kerajaan urusan ritual.

Kemudian, Ketua pemberitaan dunia tentang hasil ritual, seksi keamanan, penasihat/sesepuh, urusan ide kreatif untuk kerajaan, seksi konsumsi/anggaran serta urusan pertamanan.

Saat ini rumah yang dijadikan kerajaan itu masih dijaga pihak kepolisian bersama TNI. (CNN Indonesia)

Page 1 of 666

About

  • Delta FM adalah sebuah stasiun radio yang merupakan bagian dari Group Masima Radio Network (MRN) perusahaan pengelola radio dari berbagai segmen pendengar beberapa diantaranya Radio Prambors dan Radio Bahana

Station

Jakarta 99.1 FM
Bandung 94.4 FM
Surabaya 100.5 FM
Makassar 99.2 FM
Manado 99.3 FM
Medan 105.8 FM
Semarang 96.1 FM
Yogyakarta 103.7 FM