News

You are here:Home News

Sejumlah petugas pemadam kebakaran dikhawatirkan tewas saat berupaya memadamkan gedung bertingkat 17 di Teheran, Iran.

Dua ratus petugas bekerja keras untuk memadamkan api di Gedung Plasco selama beberapa jam sebelum ambruk total dalam waktu beberapa detik saja.

Lebih dari 200 lainnya dilaporkan cedera dalam bencana ini.

Laporan-laporan terbaru menyebutkan sekitar 25 aparat pemadam kebakaran yang terkubur di bawah puing-puing gedung.

Api dilaporkan mulai menyerbar pukul 08.00 pagi waktu setempat, Kamis (19/01), sehingga masih belum banyak pemilik toko yang berada di dalam gedung.

Gambar-gambar awal memperlihatkan kobaran api dan asap mengepul dari lantai bagian atas gedung.

Para saksi mata mengatakan suasananya amat menakutkan, bahkan ketika gedung sudah ambruk total.

 

Selesai dibangun pada tahun 1962, Gedung Plasco pernah menjadi gedung tertinggi di Teheran, dengan berisi pusat pertokoan maupun ruang kerja industri pakaian.

Kepala Dinas Layanan Darurat, Pir-Hossein Kolivand, mengatakan kepada kantor berita resm Iran bahwa banyak petugas pemadam kebakaran yang dikhawatirkan tewas namun tidak memberi rincian.

Stasiun TV pemerintah, English Press TV, mengutip seorang pejabat yang mengatakan sekitar 50 hingga 100 orang diyakini terperangkap di bawah reruntuhan gedung yang ambruk.

Juru bicara departemen pemadam kebakaran, Jalal Maleki, mengatakan Gedung Plasco menghadapi kekurangan peralatan pemadam kebakaran.

Pihak berwenang mengatakan sudah ada peringatan tentang lemahnya pengamanan dan keselamatan di gedung tersebut.

Polisi sudah menutup kawasan Jalan Jomhoori, lokasi gedung tersebut, yang terletak tidak jauh dari Kedutaan Besar Inggris dan Turki. (bbcindonesia.com)

WASHINGTON DC - Dalam hitungan jam, Barack Obama akan berstatus mantan presiden dan kembali menjadi warga sipil biasa.

Setelah menjabat sebagai orang nomor satu di AS, tentu negara adi daya itu tak begitu saja melupakan sang mantan pemimpin.

Sesuai Undang-undang Mantan Presiden yang diterbitkan pada 1958, negara menyediakan sejumlah tunjangan bagi para mantan ini.

Saat undang-undang ini berlaku dua mantan presiden yaitu Herbert Hoover dan Harry S Truman menjadi penerima pertama tunjangan yang diberikan negara.

Awalnya, undang-undang ini menyediakan perlindungan Secret Service seumur hidup untuk para mantan presiden. 

Pada 1997, undang-undang itu direvisi dan fasilitas pengamanan hanya berlaku selama 10 tahun setelah sang presiden lengser.

Namun, keputusan ini dibatalkan Undang-undang Mantan Presiden 2012 yang kembali memberikan perlindungan Secret Service seumur hidup untuk mantan pasangan nomor satu di AS itu.

Berikut fasilitas yang diperoleh para mantan presiden Amerika Serikat:

1. Uang pensiun

Para mantan presiden menerima uang pensiun setara dengan gaji seorang pejabat eselon I di sebuah departemen.

Sejak 2015, besaran uang pensiun itu adalah 203.700 dolar AS atau hampir Rp 3 miliar setahun yang diterima begitu seorang presiden resmi meninggalkan Gedung Putih.

Pasangan mantan presiden juga menerima uang pensiun tahunan sebesar 20.000 dolar AS atau Rp 268 miliar setahun.

2. Masa transisi

Pemerintah juga membiayai ongkos pindahan seorang mantan presiden yang berlaku hingga tujuh bulan.

Uang tersebut bisa digunakan untuk biaya kantor baru, kompensasi staf, jasa komunikasi, dan hal-hal lain terkait transisi.

3. Staf dan kantor

Pembiayaan staf pribadi dan hal-hal yang terkait dengan masalah itu ditangani lembaga bernama General Services Administration.

Orang-orang yang dipekerjakan di bawah aturan ini dipilih dan bertanggung jawab hanya kepada sang mantan presiden. 

Besaran kompensasi untuk staf yang bekerja untuk para mantan presiden ini tak lebih dari 150.000 dolar untuk 30 bulan pertama dan turun menjadi 96.000 dolar AS setelahnya.

4. Asuransi kesehatan

Para mantan presiden juga bisa mendapatkan layanan kesehatan di berbagai rumah sakit militer. 

Sedangkan presiden dengan dua masa jabatan, seperti Barack Obama, bisa membeli asuransi kesehatan di bawah program tunjangan kesehatan pegawai pemerintah federal.

5. Perlindungan Secret Service

Para mantan presiden dari 1965 hinga 1996 menerima perlindungan seumur hidup untuk dirinya, pasangannya, dan anak-anaknya yang berusia di bawah 16 tahun.

Aturan ini kemudian direvisi dan membatasi perlindungan Secret Service hanya 10 tahun bagi presiden yang dilantik setelah 1997.

Sesuai aturan ini hanya Bill Clinton yang berhak mendapatkan perlindungan seumur hidup dan presiden setelahnya hanya mendapat perlindungan 10 tahun.

Pada 2013, Presiden Barack Obama menandatangani undang-undang baru yang mengembalikan pengamanan seumur hidup bagi para mantan presiden AS.

Pada 1985, Richard Nixon menolak fasilitas perlindungan Secret Service. Sejauh ini Nixon adalah satu-satunya mantan presiden yang melakukan hal ini. (kompas.com)

Novak Djokovic tak bisa menyembunyikan kekecewaan setelah tersingkir di putaran kedua turnamen Grand Slam Australia Terbuka di Melbourne, Kamis (19/01), dari pemain nomor 117 dunia, Denis Istomin.

Para wartawan yang mengikuti konferensi pers usai pertandingan mengatakan Djokovic terlihat lemas.

Djokovic adalah juara bertahan dan sudah enam kali menang di turnamen ini. Tapi pada penyelenggaraan kali ini, Djokovic tak berdaya menghadapi Istomin dan harus menyerah 7-6 (10-8), 5-7, 2-6, 7-6 (7-5), dan 6-4 dalam pertandingan selama empat jam dan 48 menit.

Bagi Djokovic ini adalah kekalahan pertama di putaran kedua turnamen Grand Slam sejak Wimbledon 2008.

"Ada kalanya kita tak berada di posisi puncak di lapangan, tak ada ritme... dan pemain yang menjadi lawan bermain sangat bagus," kata Djokovic.

"Ini pertandingan tenis, siapa pun bisa kalah. Tak ada yang tak mungkin... saya mencoba yang terbaik dan tetap saja tak berhasil," ungkap petenis Serbia berusia 29 tahun yang tadinya diperkirakan akan menjuarai Australia Terbuka untuk yang ketujuh kalinya tahun ini.

Setelah menang di Prancis Terbuka tahun lalu -sekaligus menjadikan dirinya sebagai petenis yang pernah menang di semua turnamen Grand Slam- sejumlah pengamat tenis merasa performanya sedikit menurun.

Klaim ini sepertinya tak lagi relevan setelah ia menjuarai Qatar Open di awal tahun dengan menundukkan petenis nomor satu dunia dan juga musuh lamanya, Andy Murray.

Kaget sendiri

Di putaran pertama Australia Terbuka, Djokovic menang tiga set langsung atas veteran Spanyol, Fernando Verdasco. Tapi langkahnya di putaran kedua secara spektakuler dihentikan oleh pemain bukan unggulan.

Ia mengakui kekalahan ini menyakitkan. "Saat ini saya hanya ingin pulang dan menghabiskan waktu bersama keluarga," katanya.

"Selama sepuluh tahun terjun di Australia Terbuka, saya juara enam kali. Para penonton sangat menyenangkan dan saya menikmatinya. Tentu saja, saya kecewa. Tapi lebih dari itu, saya harus menerima kekalahan ini," kata Djokovic.

Lawan yang mengalahkannya, Istomin dari Uzbekistan, mengatakan ini adalah kemenangannya yang terbesar.

"Kemenangan ini sungguh berarti bagi saya, sekarang saya merasa bisa menghadapi siapa pun," kata Istomin.

"Sejak set ketiga kaki saya kram, saya tak tahu bagaimana bisa bertahan. (Yang pasti) saya bermain sangat bagus. Saya bahkan kaget dengan diri saya sendiri," katanya.

Kekalahan Djokovic membuat Murray kini menjadi salah satu favorit kuat untuk menjuarai Australia Terbuka. (bbcindonesia.com)

Kebakaran hebat di Blok III Pasar Senen, Jakarta Pusat, Kamis (19/1/2017) dini hari hingga pagi ini, bermula dari lantai satu, dan kemudian merambat ke lantai di atasnya hingga ke lantai tiga.

 

 

"Api awalnya terlihat di lantai satu, kemudian membesar dan paling terdampak sekarang di lantai tiga," kata Perwira Piket Suku Dinas Pemadam Kebakaran dan Penanggulangan Bencana Jakarta Pusat, Syarifudin, di lokasi kebakaran.

Ia mengatakan petugas sudah berjibaku memadamkan api yang membakar blok pasar tersebut sejak pukul 04.15 WIB.

Pintu gerbang lantai satu yang masih terkunci menyulitkan petugas masuk ke gedung guna memadamkan api. Alhasil, petugas hanya bisa memadamkan api dari luar.

"Gerbangnya masih dikunci semua, kami coba antisipasi agar api tidak merambat," kata dia.

Api terus merambat, petugas pun menambah mobil pemadam kebakaran dari 27 unit menjadi 42 unit guna mendukung upaya pemadaman. Mobil-mobil pemadam kebakaran itu berasal dari Suku Dinas Pemadam Kebakaran Jakarta Pusat serta mobil bantuan dari dinas pemadam di Jakarta Utara, Jakarta Barat dan Jakarta Timur.

"Sekarang lantai tiga Blok III api sudah merembet secara merata, kami juga sudah kerahkan peralatan dan unit yang kami punya," kata dia.

Lokasi Blok III Pasar Senen yang terbakar tepat menghadap jalan layang Pasar Senen ke arah Salemba, Jakarta Pusat.

Kebakaran tersebut menimbulkan asap hitam membumbung tinggi, yang sampai kelihatan dari kawasan Tugu Tani, sekitar 800 meter dari lokasi kebakaran.

Petugas belum dapat menyimpulkan penyebab kebakaran serta korban dan kerugian yang diakibatkan.

Petugas masih berusaha memadamkan api di lantai tiga yang mencakup kios-kios yang kebanyakan menjual pakaian bekas. Saat petugas berjibaku memadamkan api, ratusan pedagang juga berjuang berusaha menyelamatkan barang dagangannya.

Saat ini, persimpangan arteri dan jalur Transjakarta Pasar Senen menuju Stasiun Senen, maupun menuju Stasiun Gambir ditutup. (kompas.com)

Page 1 of 121

About

  • Delta FM adalah sebuah stasiun radio yang merupakan bagian dari Group Masima Radio Network (MRN) perusahaan pengelola radio dari berbagai segmen pendengar beberapa diantaranya Radio Prambors dan Radio Bahana

Station

Jakarta 99.1 FM
Bandung 94.4 FM
Surabaya 100.5 FM
Makassar 99.2 FM
Manado 99.3 FM
Medan 105.8 FM
Semarang 96.1 FM
Yogyakarta 103.7 FM

Contact us

Jl. Adityawarman No. 71 Jakarta 12160
Jakarta, DKI Jakarta Indonesia
+62 21-7202443
Fax: +62 21-7202058
deltafm.net