News

You are here:Home News


Menteri Pertahanan AS menyampaikan permohonan maaf kepada Menhan RI, Ryamizard Ryacudu, atas insiden ditolaknya Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo saat hendak terbang ke Amerika.

Permohonan maaf itu disampaikan Menhan AS, James Mattis, Senin (23/10) siang secara khusus di Clark, Filipina, sebelum ia bertemu para Menhan ASEAN yang sedang melakukan pertemuan tahunan.

Sebelumnya, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi menyatakan pemerintah Indonesia menganggap permintaan maaf Amerika Serikat tidak cukup untuk menyelesaikan insiden pencekalan Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo.
Retno berkata, AS harus menjelaskan duduk perkara tersebut secara rinci. "Yang kami tetap minta adalah penjelasan mengapa hal ini bisa terjadi," kata Retno, Senin (23/10).

Retno menyatakan hal itu usai bertemu Wakil Duta Besar Amerika Serikat untuk Indonesia, Erin Elizabeth McKee pagi tadi. Mckee datang untuk menjelaskan pencekalan terhadap Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo.
"Masalah ini sangat penting dan kami mencoba terus meminta dengan tegas agar AS segera memberi penjelasan," ujar Retno.
Sejak hari Minggu kemarin, Retno mengaku telah berkoordinasi dengan Duta Besar Indonesia untuk Amerika Serikat, Budi Bowoleksono.

Usai pertemuan singkat dengan Retno, Erin kembali mengungkapkan permintaan maaf pemerintah AS terhadap insiden yang menunda keberangkatan Gatot ke Washington DC, Sabtu lalu.
"Kami sangat menyesalkan ketidaknyamanan akibat insiden tersebut dan kami meminta maaf. Saya sampaikan maaf kepada Menlu Retno," ujar Mckee kepada pers.

Mckee menuturkan, Kedutaan Besar AS bertemu Retno untuk mengafirmasi hubungan bilateral AS dan Indonesia yang sangat strategis. Menurutnya, hubungan kedua negara sangat vital, dari sektor perekonomian hingga keamanan.
Adapun, Mckee menyatakan pihaknya telah menyelesaikan persoalan pencekalan terhadap Gatot. "Jenderal Gatot dapat berangkat, tidak ada hambatan lagi, dan AS akan menyambut keikutsertaannya di konferensi yang digagas Jenderal Joseph Dunford," ujarnya.
Setelah bertemu Retno, Mckee akan memastikan lembaganya memfasilitasi komunikasi antara Gatot dan Dunford. (bbcindonesia.com)

Cristiano Ronaldo dikabarkan kembali menunjukkan kedermawanannya. Kali ini Ronaldo dikabarkan membantu membiayai pengobatan ratusan korban kebakaran besar yang melanda Portugal dalam beberapa waktu terakhir.

Cuaca panas dan kering menyebabkan kebakaran (kebanyakan terjadi di hutan dan area perkebunan) terus terjadi di Portugal dalam empat bulan terakhir. Tak tanggung-tanggung, kebakaran di ratusan titik ini sudah memakan korban lebih dari 100 nyawa serta kerugian materiil yang sangat besar.

Kebakaran di Portugal ini sudah menghanguskan hampir 300 ribu hektar lahan sejak Juni lalu. Menteri Dalam Negeri mereka juga mengundurkan diri karena terus dikritik akibat kegagalan mengolah strategi untuk mengatasi masalah itu.

Belakangan muncul kabar di Portugal bahwa Ronaldo turut membantu pengobatan sekitar 370 korban kebakaran ini. Tidak dijelaskan bantuan dalam bentuk apa yang diberikan Ronaldo karena biaya pengobatan korban kebakaran juga ditanggung oleh negara. Namun berita itu juga di-share oleh kakak Ronaldo, Katia Aveiro, di akun media sosial miliknya.

Sebelumnya, Juventus juga sudah memberikan tribut mereka untuk para korban kebakaran di Portugal. Tribut ini diberikan jelang pertandingan Liga Champions melawan Sporting Lisbon tengah pekan lalu.

Secara keseluruhan, ada lebih dari 500 titik api di Portugal. Sebagian muncul secara alami, sebagian lagi muncul karena ulah orang-orang yang kurang bertanggung jawab.  (bola.net)

Untuk pertama kalinya dalam dua abad, Kaisar Jepang akan turun takhta. Pada 2019, Kaisar Akihito akan menyerahkan pusaka kekaisaran kepada Pangeran Naruhito.

Sejumlah sumber mengatakan kepada harian Asahi, Jumat (20/10), bahwa kini pemerintah sedang merampungkan jadwal resmi penyerahan takhta ini.

Para sumber itu memperkirakan Akihito akan turun takhta sekitar Maret 2019. Namun, Naruhito baru akan mulai menduduki singgasana kaisar pada 1 April.

Menurut sumber tersebut, jadwal ini sengaja diatur agar masyarakat dapat dengan mulus menerima pergantian kekaisaran dari Era Heisei, yang sudah dimulai sejak 1989, ketika ayah Akihito, Hirohito, mangkat.

Sebagaimana dilansir Reuters, Badan Urusan Kekaisaran juga ingin transisi itu digelar pada musim semi 2019 karena jadwal keluarga kekaisaran sangat padat pada musim gugur dan dingin.

Padatnya jadwal ini diharapkan dapat mempermudah warga Jepang menerima pergantian kaisar yang tak pernah terjadi sebelumnya.

Akihito sendiri selama ini sebenarnya tidak pernah terlalu tampil di hadapan publik. Selama berpuluh tahun, ia bekerja dari dalam rumah atau luar negeri, sembari menyembuhkan luka akibat Perang Dunia II.

Saat menginjak usia 83 tahun, Akihito akhirnya tampil di hadapan publik dan mengatakan bahwa ia takut tak dapat menyelesaikan tugasnya dengan baik karena kondisi kesehatannya setelah menjalani perawatan kanker prostat dan operasi jantung.

Dalam pernyataan tertulisnya saat merayakan ulang tahun Akihito ke-83, Permaisuri Michiko mengungkapkan rasa harunya karena perjalanannya tahun ini bersama Kaisar Akihito di sekitar Jepang mungkin akan menjadi yang terakhir kalinya.

Sang permaisuri juga mengatakan bahwa kini ia merasakan "kedamaian yang tak terkira" karena mengetahui Akihito dapat beristirahat dan melewati hari dengan tenang. (cnnindonesia.com)

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menyebutkan rekahan Gunung Agung semakin meluas.

BNPB berhasil menangkap gambar kondisi kawah Gunung Agung di Kabupaten Karangasem, Kamis (19/10) setelah menerbangkan drone untuk memetakan puncak kawah Gunung Agung di Kabupaten Karangasem, Bali.

"Hasil pemotretan drone memperlihatkan rekahan di kawah Gunung Agung lebih luas dibandingkan sebelumnya," kata Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho dalam keterangan tertulisnya, Jumat (20/10).


Sutopo mengatakan, BNPB menggunakan drone tipe Bufallo FX79 buatan Universitas Gadjah Mada. "Empat kali penerbangan dilakukan untuk memetakan puncak kawah dan lereng Gunung Agung.

"Tim beranggotakan tiga orang dengan membawa dua unit drone Bufallo FX79 untuk ketinggian 4.000 meter dengan waktu terbang satu jam," kata Sutopo.

Tim drone melakukan orientasi terbang dengan meluncurkan drone dari atas sepeda motor. Pada percobaan penerbangan pertama dilakukan di Desa Kubu. Drone terbang hingga ketinggian 2.900 meter.

"Tidak mencapai puncak karena gagal mencapai target ketinggian yang ditentukan karena angin yang terlalu kencang atau turbolensi di lereng gunung," katanya.

Menurut Sutopo, pada percobaan kedua, tim berpindah lokasi take off di lapangan Amlapura. Drone berhasil terbang di ketinggian 700 meter.

Pemetaan lereng sisi tenggara Gunung Agung lebih kurang seluas 1.000 hektare.

Pada penerbangan ketiga, drone terbang di ketinggian terbang dan mencapai tinggi 3.995 meter.

Selanjutnya pada penerbangan keempat drone terbang hingga ketinggian 4.003 meter. Drone berhasil melewati puncak Gunung Agung di dua jalur penerbangan dengan lebar 600 meter.

"Sebanyak 400 buah foto udara didapatkan dari dua jalur ini dan selanjutnya akan dilakukan pembuatan model dimensi, kawah Gunung Agung sehingga analisis morfologi dan spasial bisa dilakukan dengan akurat," kata dia.

Kata Sutopo, sebelumnya dari citra satelit Planet Scope (11/10), rekahan kawah hanya terdapat di sisi timur di dalam kawah.

"Pada foto drone menunjukkan bahwa rekahan kawah sudah lebih luas di sisi timur dalam kawah. Juga ada rekahan kecil di sisi tenggara," katanya.

Selain itu, asap solfatara yang keluar dari rekahan tersebut juga lebih tebal daripada sebelumnya.

"Desakan magma ke permukaan masih berlangsung," kata Sutopo.

Pantauan Pos Pengamatan Gunung Agung PVMBG pada Kamis (19/10) pada pukul 12.00-18.00 Wita, menunjukkan asap kawah bertekanan lemah teramati berwarna putih dengan intensitas tipis dan tinggi 100-200 meter di atas kawah puncak.

"Kegempaan masih tinggi ditandai dengan tremor non-harmonik sebanyak tiga kali, gempa vulkanik dangkal 58 kali, gempa vulkanik dalam 104 kali dan gempa tektonik lokal 17 kali," katanya.

Namun, kata Sutopo, secara umum, jumlah kegempaan mengalami penurunan. "Status masih awas, level 4," ujar Sutopo. (cnnindonesia.com)

Page 1 of 227

About

  • Delta FM adalah sebuah stasiun radio yang merupakan bagian dari Group Masima Radio Network (MRN) perusahaan pengelola radio dari berbagai segmen pendengar beberapa diantaranya Radio Prambors dan Radio Bahana

Station

Jakarta 99.1 FM
Bandung 94.4 FM
Surabaya 100.5 FM
Makassar 99.2 FM
Manado 99.3 FM
Medan 105.8 FM
Semarang 96.1 FM
Yogyakarta 103.7 FM