News

You are here:Home News Parkir Air, Tawaran Ridwan Kamil Atasi Banjir Kabupaten Bandung
Rate this item
(0 votes)
in News

Parkir Air, Tawaran Ridwan Kamil Atasi Banjir Kabupaten Bandung

By Published May 18, 2017

Wali Kota Bandung Ridwan Kamil menawarkan solusi untuk mengatasi permasalahan bencana banjir yang sering berulang di Kabupaten Bandung.

Wilayah tersebut, khususnya daerah Dayeuhkolot, Bojongsoang, dan Baleendah, memang "sudah terbiasa" dilanda banjir. Pada awal Maret 2017 lalu, misalnya, warga di daerah-daerah itu kembali mengalami bencana banjir. 

Terkait hal itu, Ridwan Kamil pun memberi cara pemecahan masalah dari sudut pandangnya, meski problem tersebut bukan sebagai kapasitasnya karena posisinya sebagai wali kota.

Pria yang akrab disapa Emil tersebut menawarkan dua cara untuk menuntaskan atau mengatasi masalah banjir itu, yakni dari sisi manajemen organisasi dan engineering atau teknik pekerjaan.  

"Solusi pertama ialah ada manajemen organisasi di Bandung Raya. Langkah pertama, saya akan buat itu dulu agar ada alokasi dana (untuk menyelesaikan masalah banjir)," ujar Emil saat berkunjung ke Redaksi Kompas.com, Senin (15/5/2017).

Selain itu, pria lulusan ITB ini pun mengungkapkan solusinya dari sisi teknik pekerjaan. Emil mempunyai teori bahwa yang namanya air itu mau dibentuk apa pun volumenya tidak akan berkurang.

Karena itu, dia berencana membuat sistem "parkir air".

"Yang kedua, solusi engineering. Saya mau bikin parkir air sebanyak-banyaknya," ucap Emil. 

"Sistemnya receh-receh (kecil-kecil) dengan maksud untuk menahan airnya disebar-sebar dulu, baru nanti volume ke daerah Baleendah atau Dayeuhkolot-nya (daerah terbiasa banjir) tidak begitu besar," tuturnya.

Untuk saat ini, soal parkir air, Emil mengaku hal itu tidak bisa dibuat di Kota Bandung karena lahannya sudah habis. 

"Namun, markir airnya tidak bisa di Bandung karena lahan habis. Mau beri ide ke kota lain, tetapi kapasitas saya wali kota Bandung. Kira-kira begitu," ujar Emil. (kompas.com)

Read 210 times

About

  • Delta FM adalah sebuah stasiun radio yang merupakan bagian dari Group Masima Radio Network (MRN) perusahaan pengelola radio dari berbagai segmen pendengar beberapa diantaranya Radio Prambors dan Radio Bahana

Station

Jakarta 99.1 FM
Bandung 94.4 FM
Surabaya 100.5 FM
Makassar 99.2 FM
Manado 99.3 FM
Medan 105.8 FM
Semarang 96.1 FM
Yogyakarta 103.7 FM

Contact us

Jl. Adityawarman No. 71 Jakarta 12160
Jakarta, DKI Jakarta Indonesia
+62 21-7202443
Fax: +62 21-7202058
deltafm.net