Sport

Rate this item
(0 votes)
in Sport

Antara Final Copa del Rey, San Mames, dan Guns n 'Roses

By Published February 10, 2017

Seperti tahun lalu, venue final Copa del Rey kembali menjadi bahan kontroversi. Keinginan Barcelona untuk merayakan gelar juara di estadio bernabeu, markas rival abadi mereka, Real Madrid memulai rentetan kontroversi ini.

Begitu mendengar Barcelona ingin menggunakan stadion mereka untuk final Copa, Madrid langsung membuat pengumuman bahwa stadion mereka tak bisa dipakai. Madrid mengatakan bahwa Bernabeu akan diperbaiki saat final itu dilangsungkan. Rencana renovasi Madrid ini memang sudah diumumkan sejak November silam.

Selain Bernabeu, Barcelona juga mengusulkan stadion di kota Madrid lainnya; Vicente Calderon milik Atletico Madrid. Stadion ini memiliki kapasitas yang cukup besar dan memadai untuk menggelar laga final. Lawan Barca di final, Deportivo Alaves juga cukup menyukai ide bermain di Calderon.

Namun nampaknya laga nanti tidak akan bisa digelar di Calderon. Pasalnya, fans Atletico menolak stadion mereka itu dipakai terakhir kali oleh tim lain. Seperti diketahui, musim depan Atletico akan pindah ke stadion baru mereka, Wanda Metropolitano. Sementara itu, Vicente Calderon akan dirobohkan saat stadion baru bisa dipakai,

Jika mengizinkan Calderon dipakai untuk final Copa, itu artinya pertandingan terakhir di sana tidak melibatkan Atleti. Banyak fans yang tidak rela dengan hal itu karena ingin Atleti menjadi klub yang tampil terakhir kali di stadion itu.

Fans Atletico menggalang dukungan lewat twitter dengan hashtag #Noalafinaldecopaenelcalderon atau kalau diterjemahkan berarti 'katakan tidak pada final di calderon'. Hashtag ini sempat menjadi trending topic di Spanyol.

Pilihan pertama Alaves sebenarnya adalah Estadio San Mames, markas Athletic Bilbao. Opsi ini dinilai paling bagus karena fans Alaves tak perlu menempuh perjalanan jauh untuk menyaksikan timnya berlaga. Alaves memang juga berasal dari Basque. Selain itu, pilihan ini mendapat dukungan dari dua pemilik San Mames Barria.

Stadion San Mames dibangun dengan kerjasama beberapa pihak: Atheltic Bilbao, Diputacion Foral de Bizkaia, Dewan Kota Bilbao, Pemerintah Basque dan Kutxabank. Bilbao sendiri tak keberatan jika stadion mereka dipakai karena mereka tak punya rivalitas dengan Alaves. Selain itu, Pemerintah Basque dan Kutxabank juga merupakan sponsor Alaves dan ingin laga digelar di San Mames.

Namun ada sedikit masalah. San Mames sudah dipesan untuk konser band rock Guns N 'Roses pada 30 Mei, tiga hari setelah laga final. Waktu yang dibutuhkan untuk mempersiapkan panggung konser ini minimal adalah lima hari.

Jika nantinya memang bermain di San Mames, maka jadwal laga ini harus dipercepat dua atau tiga hari. Artinya, laga final itu akan digelar pada tengah pekan, sebuah anomali di sepakbola Spanyol. (bola.net)

Read 219 times

About

  • Delta FM adalah sebuah stasiun radio yang merupakan bagian dari Group Masima Radio Network (MRN) perusahaan pengelola radio dari berbagai segmen pendengar beberapa diantaranya Radio Prambors dan Radio Bahana

Station

Jakarta 99.1 FM
Bandung 94.4 FM
Surabaya 100.5 FM
Makassar 99.2 FM
Manado 99.3 FM
Medan 105.8 FM
Semarang 96.1 FM
Yogyakarta 103.7 FM

Contact us

Jl. Adityawarman No. 71 Jakarta 12160
Jakarta, DKI Jakarta Indonesia
+62 21-7202443
Fax: +62 21-7202058
deltafm.net