Register
Jurus Apple Taklukkan Android

Keberadaan tablet dengan sistem operasi (OS) Android dari Google tak bisa dianggap remeh. Apple pun mulai ancang-ancang mengambil langkah untuk menaklukkan si robot hijau itu.Apple berencana meluncurkan serangan pada pasar tablet Android yang sedang berkembang. Serangan ini berupa rilis ‘iPad mini’ yang nantinya akan dijual rugi dengan harga GBP150 (Rp2,3 juta).

Perangkat yang akan masuk di pasar tablet murah ini bahkan akan menggunakan fitur yang sama seperti kakaknya, yakni menggunakan layar ‘Retina’ yang akan membawa 3,1 juta piksel ke dalam layar 7-8 inci.

 

Sumber yang tak disebutkan namanya mengatakan pada situs penggemar Apple iMore menyatakan, tablet ini akan meluncur Oktober tahun ini dengan strategi jual rugi untuk menutup ruang kompetisi yang ada.

Dengan memiliki cadangan kas sebesar US$100 miliar (Rp918,5 triliun), Apple setidaknya mampu mengatasi masalah yang akan terjadi secara finansial. iMore melaporkan, klaim menyatakan, Apple akan mengatasi tekanan dari produsen tablet Android melalui iPad mini yang akan dijual seharga GBP150 (Rp2,3 juta).

“Jika ini benar, Apple akan mengalami ‘siksaan’ serius pada marginnya, yakni menjual rugi tablet mini ini,” katanya. Dengan layar sebagai fitur premium, tablet ini nampaknya akan menurunkan bagian lain, termasuk ruang penyimpanan yang berkurang, misalnya, 8GB untuk video, aplikasi dan musik.

Hal ini diduga akan menyebabkan masalah bagi pengguna karena ruang penyimpanan 8GB bisa dengan cepat terpakai. Namun, tablet ini tentunya akan sangat menarik bagi pengguna yang ingin menggunakan iPad ini untuk browsing dan sesekali membuka aplikasi dan film.

Sebelumnya, Steve Jobs membenci pemikiran iPad lebih kecil karena ia menganggapnya, perangkat ‘mati sebelum lahir’. Ia mengatakan, orang tak ingin menggunakan tablet lebih kecil untuk memutar video, dan ia takut, tablet lebih kecil akan berfungsi sebagai jembatan antara iPad dan iPhone sehingga pembuat aplikasi hanya ‘meregangkan’ aplikasinya untuk tablet.

Pada awal 2010, Jobs mengatakan, “Satu pemikiran alami mengenai layar tujuh inci, yakni menawarkan 70% keuntungan dibanding layar 10 inci. Sayangnya, ini jauh dari kebenaran. Alasannya, Apple tidak menyasar titik harga rendah, selain itu, layar kecil tak cuckup mengekspresikan aplikasi yang ada.

”Masalah besar yang lain yang juga dihadapi Android, yakni fragmentasi yang dihasilkan di mana pembuat aplikasi harus menginvestasikan lebih banyak uang untuk membuat versi lain aplikasi untuk berbagai perangkat. Sejauh ini Apple berhasil menghindari masalah ini.

Di sisi lain, iMore dan situs Daring Fireball secara khusus telah mendengar rencana Apple membuat tablet tujuh inci dan satu-satunya keputusan yang tersisa adalah, apakah tablet ini akan ‘dipasarkan’. iMore dan Daring Fireball sendiri telah terbukti menjadi sumber terpercaya dari diskusi internal Apple di masa lalu.

SUMBER: Inilah.com

Jurus Apple Taklukkan Android
 

S5 Box

Login



Register

*
*
*
*
*

Fields marked with an asterisk (*) are required.