1. Skip to Menu
  2. Skip to Content
  3. Skip to Footer>

Written by Delta FM Jakarta

Posted on 29 August 2014

Liburan adalah saatnya istirahat dari pekerjaan, menyegarkan kembali pikiran dari stres. Namun,yang perlu diperhatikan liburan bukan berarti istirahat dari gaya hidup yang sehat.

Pasalnya, jangan gara-gara menerapkan gaya hidup yang tak sehat rencana liburan Anda dan keluarga jadi hancur berantakan.

Nah, dilansir Ehow, berikut tips yang bisa dilakukan agar tetap sehat saat liburan.

Selektif memilih menu

Jika terpaksa makan di restoran cepat saji, pilih menu sehat seperti salad dengan dressing atau saus yang rendah lemak atau daging panggang bukan yang digoreng. Aturan yang sama juga berlaku ketika memesan makanan lewat room service.

Selain itu, jangan menerima kunci mini bar saat check in, ini akan membantu terhindar dari godaan. Ketika ragu, jangan lupa tanya konten nutrisi makanan yang dipesan. Biasanya hotel menyediakan informasi tersebut.

Buat jadwal saksama

Rencanakan liburan secara saksama. Buat jadwal acara sesuai kebutuhan keluarga, jika berlibur bersama keluarga, mulai dari daftar tujuan wisata, akomodasi seperti hotel dan transportasi, hingga rencana cadangan jika terjadi sesuatu hal yang tidak diinginkan.

Jadwal teratur

Meski sedang berlibur, atur sedemikian rupa agar acara liburan tidak mengganggu gaya hidup sehat kita, seperti latihan rutin di pagi hari terutama latihan peregangan, agar otot tidak kaku, sarapan sehat sebelum melakukan wisata, tidur yang cukup, dan makan makanan bergizi yang memberi energi dan menjaga sistem kekebalan tubuh agar kita tidak mudah terserang penyakit. Jika perlu suplemen juga bisa dipertimbangkan.

Jangan lupa obat

Siapkan obat dan taruh selalu obat dalam tas bawaan disertai salinan resep dari dokter/apotek. Jika mempunyai alergi atau penyakit tertentu misal jantung, pastikan membawa obat terkait.

Perhatikan jadwal minum obat meskipun sedang berwisata. Penting juga menyiapkan obat-obatan emergensi terutama bila liburan membawa anak-anak di bawah umur.

Perhatikan konsumsi minuman dan makanan

Kebersihan adalah syarat utama untuk konsumsi selama berlibur. Dengan menyantap makanan yang bersih dan bergizi, tubuh akan sehat, terhindar dari berbagai kemungkinan penyakit yang disebabkan oleh makanan kotor seperti diare dan cacingan.Hindari membeli makanan di sembarang tempat, pilih tempat makan yang diyakini kebersihannya.

Perhatikan diet

Diet tidak berarti kita makan sedikit selama berlibur, tetapi selalu jaga porsi asupan makanan seperti biasa. Godaan bersantap besar, tanpa memperhatikan komposisi gizi dan porsi, bisa membuat pencernaan berantakan, akibatnya keseimbangan kesehatan tidak terjaga. Jangan makan di sembarang tempat.

Perlindungan tubuh

Di lokasi wisata yang mataharinya bersinar penuh, kenakan selalu pelindung tabir surya, baju berlengan panjang, dan topi untuk mencegah kulit terbakar.

Pakai kaca mata pelindung matahari, selain melindungi mata dari debu, mengurangi kernyitan mata akibat silau, juga memperlambat proses katarak sesuai tingkat usia.

SUMBER: Inilah.com

Event

There are no upcoming events currently scheduled.
View full calendar

OnAir Now

DELTA FM NETWORK

Podcast

Jukebox
Beritahu%20Dwika%20Putra%20-%20versi%20Hobby.mp3
Podcast%20Alya%20Rohali.mp3
Podcast%20Fitri%20Tropica.mp3

Delta FM on Facebook