1. Skip to Menu
  2. Skip to Content
  3. Skip to Footer>

Written by Delta FM Jakarta

Posted on 02 September 2014

stresSeorang penderita depresi memang cenderung melakukan hal-hal yang dianggap aneh bahkan menyendiri dari lingkungan sekitar. Apa saja?

Berdasarkan penelitian, orang yang stres atau depresi lebih cenderung menghabiskan waktu menggunakan internet, khususnya untuk online.

Tim yang terdiri dari empat peneliti di Universitas Missouri Sains dan Teknologi (MST) merupakan peneliti pertama yang menyelidiki aktivitas dunia internet dan mencocokkannya dengan siswa yang memiliki gejala depresi.

Dalam hasil penelitiannya, para ilmuwan menulis bahwa penggunaan beberapa fitur Internet menunjukkan korelasi yang signifikan secara statistik dengan gejala depresi.

Dilansir Times of India, konsultan cyberpsychology, Eleanor Barlow, mengatakan bahwa para peneliti harus melakukan studi jangka panjang dengan subjek yang lebih bervariasi. Itu untuk mendapatkan gambaran yang lebih jelas tentang bagaimana internet digunakan dan kaitannya dengan gejala depresi dari waktu ke waktu."Orang yang tidak bahagia biasanya akan mencari jaringan pendukung," kata Barlow.

Barlow menjelaskan internet akan menjadi kekuatan yang bisa mendukung para penderita depresi untuk meraih kebahagiaan. Banyak studi menunjukkan dampak positif dari penggunaan teknologi komunikasi."Kini tantangannya adalah memastikan bahwa penggunaan internet adalah terapi untuk orang depresi. Karena, kita memang tidak akan dapat menghentikan orang untuk menggunakannya," jelas Barlow.

Penelitian ini melibatkan 216 akademisi bidang komputer, psikologi ilmu pengetahuan, dan teknik komputer. Mereka lalu membuat delapan kategori aktivitas internet, mulai dari browsing hingga akses file jarak jauh. Para peneliti lalu membandingkan aktivitas internet siswa dengan dan tanpa gejala depresi.

Siswa yang tingkat depresinya lebih tinggi diketahui lebih sering menggunakan e-mail, chatting, dan sharing software serta menonton video dan bermain game online.

Sebelumnya ada beberapa penelitian yang berkesimpulan bahwa terdapat hubungan antara depresi dan penggunaan internet, tetapi studi ini diklaim sebagai penelitian pertama yang menggunakan data internet sungguhan dalam pengumpulan datanya.

Metode pengumpulan data secara anonim dan tidak disadari oleh partisipan itu disebut-sebut lebih bisa diandalkan daripada metode kuisioner.

SUMBER: Inilah.com

Event

There are no upcoming events currently scheduled.
View full calendar

OnAir Now

DELTA FM NETWORK

Podcast

Jukebox
Beritahu%20Dwika%20Putra%20-%20versi%20Hobby.mp3
Podcast%20Alya%20Rohali.mp3
Podcast%20Fitri%20Tropica.mp3

Delta FM on Facebook