Register
PDF
Print
E-mail
Steve Jobs Mengubah Musik Dunia

Meski selama ini mendiang Steve Jobs dikenal sebagai tokoh teknologi, namun ternyata Jobs dinilai telah memberi banyak kontribusi pada dunia musik. Senin kemarin (13/2/2012), pendiri Apple ini mendapat penghargaan Grammy Trustees Award.

Apa saja jasa Jobs di industri musik? Jawabannya adalah media pemutar musik iPod dan toko musik online iTunes Store.

Steve Jobs memang bukan orang yang menciptakan iPod. Namun Jobs dengan cepat melihat peluang ketika Tony Fadell mencari dana untuk alat pemutar musik digital berukuran kecil. Hasilnya, iPod dari Apple telah mengubah cara seseorang dalam menikmati musik.

Ketika pertama kali iPod diluncurkan, banyak orang mengira bahwa Apple tidak lagi fokus pada komputer. Namun Jobs menjawab, Apple adalah perusahaan yang selalu berinovasi. "Musik yang kita dengar adalah soundtrack hidup kita di dunia ini," kata Jobs.iPod menjadi media pemutar musik paling laris di dunia.

Jobs juga dianggap ikut melawan pembajakan musik secara online. Pada 28 April 2003, Jobs meluncurkan iTunes Music Store, tempat di mana seseorang bisa mengunduh file musik secara legal.

Sebelum iTunes Store ada, untuk membeli musik digital merupakan hal yang sangat menjengkelkan. Orang lebih memilih melakukan pembajakan karena lebih mudah, mereka dengan serta-merta menyaring semua track dalam satu album. Toko musik online Apple hadir dengan membawa segala kemudahan dan koleksi album musik dari berbagai label.

iTunes Store dianggap telah menyelamatkan industri musik. Sejak 2008, iTunes Store berhasil menjadi peritel musik online terbesar di Amerika Serikat.Karena jasa-jasa ini, Jobs dianggap telah memberi banyak kontribusi penting pada dunia dan industri musik. Penghargaan Grammy untuk Jobs diterima oleh Eddy Cue, Senior Vice President of Internet Software and Service Apple, di Los Angeles, Sabtu (11/2/2012).

"Musik sangat berarti bagi Steve Jobs. Dia mengatakan kepada kita bahwa musik telah membentuk hidupnya," kata Cue saat menerima penghargaan.Di akhir acara Cue juga mengatakan, bahwa Jobs sangat menyukai karya-karya Bob Dylan dan The Beatles. Merekalah yang telah membuat soundtrack dalam hidup Jobs.

SUMBER: Kompas.com

Steve Jobs Mengubah Musik Dunia
 

S5 Box

Login



Register

*
*
*
*
*

Fields marked with an asterisk (*) are required.