1. Skip to Menu
  2. Skip to Content
  3. Skip to Footer>

Written by Delta FM Jakarta

Posted on 28 August 2014

kolak-pisang-dan-ubiMeski setiap orang dapat membuat kolak kapan saja, namun saat bulan Ramadhan sajian manis satu ini menjadi hidangan yang fenomenal. Banyak orang memburunya sebagai menu pembatal puasa. Tak heran jika banyak orang yang menjajakan kolak saat menjelang waktu berbuka.

Uniknya, apapun jenis dagangannya, para pedagang tetap menjajakan kolak dalam dagangangan. Lihat saja, sajian kolak dalam bungkusan plastik atau gelas yang selalu meramaikan meja dagang mereka.

‘Demam’ kolak juga turut melanda beberapa resto dan hotel. Si manis kudapan bersantan ini menjadi hidangan wajib hadir saat menu berbuka. Untuk varian rasa tak jauh beda, tetap bersantan dan bercita rasa manis, hanya saja di sini kolaknya tampil cantik karena bebas bungkusan.

Semakin diburu, sajian ini juga terus berinovasi. Meski begitu, cita rasa kuah tetap tak berubah. Kuah kolak identik dengan santan dan gula merah. Biasanya, banyak orang lebih ‘bermain’ pada isi kolak.

Umumnya kolak berisi pisang dan labu kuning. Namun ada juga yang menambahkan singkong putih di dalamnya. Untuk menggugah selera, banyak orang yang menggunakan daun pandan dan potongan nangka. Bahkan ada juga yang menggunakan campuran duren dan tape untuk menghasilkan cita rasa berbeda namun tetap lezat.

Tentunya Anda juga pernah mendengar kolak biji salak. Entah mengapa dinamakan biji salak, tapi bola-bola bulat di dalamnya terbuat dari campuran ubi kuning dan sagu. Teksturnya sedikit kenyal, untuk kolak satu ini biasanya santan disajikan terpisah.

Cara menikmati kelezatan kolak pun beraneka ragam. Ada yang gemar menikmati saat hangat, ada juga yang menikmatinya saat dingin dengan remahan batu es. Untuk rasa manis yang creamy, kolak juga kerap disajikan dengan susu kental manis di atasnya.Yummy!

Sumber : viva.co.id

Event

There are no upcoming events currently scheduled.
View full calendar

OnAir Now

DELTA FM NETWORK

Podcast

Jukebox
Beritahu%20Dwika%20Putra%20-%20versi%20Hobby.mp3
Podcast%20Alya%20Rohali.mp3
Podcast%20Fitri%20Tropica.mp3

Delta FM on Facebook