Register
Manado
Perhelatan ATF Bertolak Belakang dengan Kondsisi Pariwisata Pulau Bangka Minahasa Utara

Di tengah hiruk pikuk promosi pariwisata perhelatan ASEAN Tourism Forum di Sulawesi Utara, warga pulau Bangka, Kabupaten Minahasa Utara justru tengah terancam menikmati eloknya kawasan mereka. Pasalnya wilayah mereka terusik dengan rencana masuknya perusahaan pertambangan biji besi PT Mikgro Metal Perdana (MMP).

 
Pengunjung ASEAN 2011 capai 73,8 Juta Orang

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Indonesia Dr Marie Elka Pangestu dan Menteri Informasi,Kebudayaan, dan Pariwisata Laos memimpin pertemuan Menteri Pariwisata ASEAN di Manado.Pada pertemuan ini, para menteri mengakui pertumbuhan yang signifikan dari pengunjung internasional ke ASEAN sepanjang tahun 2011.
"ASEAN menarik lebih dari 73,8 juta pengunjung tahun lalu di mana Intra ASEAN travel sebagai penyumbang utama wisatawan, dan sisanya dari jumlah kedatangan internasional," kata Marie.

 
Ikon Baru Pariwisata Manado - Pulau Mantehage

Pulau Mantehage merupakan pulau yang berada dalam wilayah TN Bunaken. Pulau yang tidak terlalu besar ini berbatasan dengan Filipina, Laut Sulawesi, Minahasa Utara, dan Laut Maluku. Balai pengelolahan Taman Nasional Bunaken secara resmi menetapkan Pulau Mantehage sebagai salah satu daerah pariwisata. Ini ditandai dengan pelepasan pelampung batas zona, yaitu zona wisata.

"Dengan dilepaskan pelampung ini maka turis yang mengunjungi daerah wisata laut Bunaken tahu bahwa di laut sekitar Pulau Mantehage terdapat karang yang masih subur dan asli," demikian keterangan Kepala Seksi Pengelolahan TN Bunaken wilayah I Lumanau Frederik.

 
Pesta Malam Tahun Baru - Manado

Pesta Kembang Api - Manado

Malam pergantian tahun di Kota Manado disambut dengan antusiasme masyarakat dengan berbagai macam acara. Acara utamanya tidak lain adalah pesta kembang api. Sejak pukul 22.00 Wita (31/12/11) warga Manado sudah ramai dengan memasang kembang Api sehingga langit Manado walaupun hujan tetap menjadi terang benderang dan berwarna warni dikarenakan puluhan kembang api dipasang berbalasan sebelum tepat pukul 00.00 wita (01/01/12).

Beberapa kendaraan juga terlihat berhenti sejenak serta ikut meramaikan dengan memasang kembang api yang mereka sudah persiapkan, untuk dipasang pada tengah malam nanti. sehingga kemeriahan tahun baru sangat terasa. Terlihat para warga yang tidak saling kenal memasang kembang api secara bersama sama dan membuat langit kota Manado begitu terang dengan berbagai macam kembang api.

 
Tradisi Memindahkan Rumah

Tradisi memindahkan rumah, oleh masyarakat Minahasa dikenal dengan sebutan Merawale. Rumah yang dipindahkan itu tanpa harus dibongkar, namun secara utuh digotong secara bersama-sama.  Tradisi ini telah turun temurun dilakukan oleh masyarakat Minahasa, namun sekarang ini sudah jarang ditemui lagi. Masyarakat di Kelurahan Bitung – Amurang Minahasa Selatan rupanya masih ada yang mempertahankan tradisi merawale ini.


Kebersamaan dalam kehidupan sosial di Minahasa, salah satunya diwujudkan dengan tradisi merawale. Baik anak-anak, remaja, pemuda maupun orang tua terlibat dalam tradisi ini tanpa memandang status sosial.

 


S5 Box

Login



Register

*
*
*
*
*

Fields marked with an asterisk (*) are required.